Listari, Anisa Putri (2024) PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SUBTEMA MERAWAT TUMBUHAN SISWA KELAS III SD NEGERI 78 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.
Text
DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (398kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (498kB) |
|
Text
ANNISA PUTRI LISTARI NIM 2011240071...pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, Salah satu masalah yang dihadapi yaitu masih lemahnya proses pembelajaran. Kegiatan pembelajaran di kelas masih mengarah pada kemampuan peserta didik untuk menghafal informasi.Pada pembelajaran IPA khususnya, proses belajar mengajar hanya sekedar menghafal fakta, prinsip dan teori saja. Pembelajaran IPA tidak cukup dengan penjelasan dan mendengarkansaja tetapi juga peserta didik akan lebih memahami materi dan konsep jika dilakukan dengan kegiatan menemukan konsep itu sendiri Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana hasil pemanfaatan lingkungan sekitar terhadap hasil belajar siswa dan Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar IPA siswa Jenis Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi experiment atau eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakna yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan rumus t tes. Dari hasil penelitian diketahui bahwa nilai hasil beljaar pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 60. Dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 40. Sedangkan pada kelas ekperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,6 Dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan terhadap hasil belajar Pada pembelajaran IPA Subtema merawat tumbuhan siswa kelas III SD 78 kota bengkulu Hal ini dapat dilihat dari analisis data diperoleh nilai t sebesar 8,556 dengan signifikansi 0.000. Dengan menggunakan t tabel sebesar 1.713. berdasarkan data tersebut maka t hitung 8,556 > t tabel 1,713 dan signifikansi 0.000 < 0.00.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Mindani, M.Ag Pembimbing II: Abdul Aziz Mustamin , M.Pd.I | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan Lingkungan sekitar, Hasil Belajar IPA | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2024 03:43 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2024 03:43 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3076 |
Actions (login required)
View Item |