STRATEGI GURU DALAM MENGINTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM UNTUK MENDUKUNG SOSIALISASI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI KEPAHIANG

Wahda, Ira Rahmatin (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGINTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM UNTUK MENDUKUNG SOSIALISASI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI KEPAHIANG. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (645kB)
[img] Text
IRA RAHMATIN WAHDA_NIM 1911210161.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru, faktor pendukung dan penghambat strategi guru, dan solusi faktor penghambat strategi guru dalam menginternalisasi nilainilai agama Islam untuk mendukung sosialisasi pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita di SLB Negeri Kepahiang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi guru dalam menginternalisasi nilai-nilai agama Islam untuk mendukung sosialisasi pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita, ialah strategi pembelajaran yang diindividualisasikan, strategi kooperatif, strategi modifikasi tingkah laku, strategi dengan mengguakan media pembelajaran, dan strategi menggunakan metode pembelajaran PAI yang tepat bagi anak tunagrahita; (2) Faktor pendukung strategi guru dalam menginternalisasi nilainilai agama Islam untuk mendukung sosialisasi pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita ialah guru profesional, keterlibatan guru pendamping dan wali kelas, fasilitas aula sekolah, media pembelajaran; dan faktor penghambat guru dalam menginternalisasi nilai-nilai agama Islam untuk sosialisasi pada anak tunagrahita ialah kondisi personal anak yang memiliki kecerdasan di bawah rata-rata, kurangnya semangat siswa, dan kurangnya partisipasi orang tua; (3) Solusi mengatasi faktor penghambat guru dalam menginternalisasi nilai-nilai agama Islam untuk mendukung sosialisasi pada anak tunagrahita ialah kesabaran guru, kreatifitas guru dan kolaborasi sekolah dengan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSukarno, Sukarno196102052000031002UNSPECIFIED
Thesis advisorNurhikmah, Nurhikmah198709192019032004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Drs. Sukarno, M.Pd Pembimbing II: Nurhikmah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Internalisasi nilai-nilai agama Islam, Sosialisasi, Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:42
Last Modified: 17 Jul 2024 04:42
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3089

Actions (login required)

View Item View Item