PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Santika, Elsa Dwi (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ELSA DWI SANTRIKA_NIM 1911280035_.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis game kahoot terhadap kemampuan berpikir kritis siswa menengah atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu metode penelitian yang menekankan pada fenomena-fenomena objektif dan digunakan untuk meneliti pada populasi dan sampel tertentu dalam penelitian. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti ialah metode penelitian korelasional yaitu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua atau beberapa variabel. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA berjumlah 195 siswa dan sampel penelitiannya ialah siswa yang diambil dari kelas XI MIPA 6 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes, angket/kuesioner, dan dokumentasi. Data pada penelitian ini didapat dari soal dan angket yang diberikan peneliti. Data tersebut di uji dengan uji t menggunakan Software SPSS 22. Dan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis game kahoot terhadap kemampuan berpikir kritis siswa menengah atas. Dilihat dari hasil analisis uji t yaitu dengan thitung sebesar 6,228 lebih besar dari ttabel (db = 28) yaitu 2,048 taraf signifikan 5%, jadi t hitung > t tabel maka Ha diterima dan Ho di tolak sehingga dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel (X) dan variabel (Y) yaitu media pembelajaran berbasis game Kahoot berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa menengah atas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSunarto, Andang197611242006041002UNSPECIFIED
Thesis advisorSyafri, Fatrima Santri198803192015032003UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Prof. Andang Sunarto, Ph.D Pembimbing II: Fatrima Santi Syafri, M.Pd.Mat
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Berbasis Game Kahoot, Kemampuan Berpikir Kritis, Trigonometri.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:47
Last Modified: 17 Jul 2024 04:47
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3090

Actions (login required)

View Item View Item