syaputra, ade reza (2024) UPAYA GURU PENGGERAK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 76 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
Text
Depan.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (423kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Download (598kB) |
|
Text
ADE REZA SYAPUTRA_2011240165.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru penggerak dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber penelitian data primer yaitu guru penggerak, kepala sekolah, waka kurikulum, dan 3 orang siswa kelas V, sedangkan data sekundernya yaitu dokumentasi dan arsip sekolah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triagulasi data, teknik dan sumber. Analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apa upaya guru penggerak dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SD Negeri 76 kota Bengkulu, apa saja kendala yang dihadapi guru penggerak dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SD Negeri 76 kota bengkulu. Hasil penelitian yang ditemukan peneliti dapat disimpulkan bahwa upaya guru penggerak dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu mengadakan pelatihan komunitas belajar, melakukan analisis dan relevansi kurikulum, menggunakan metode pembelajaran yang sesuai, melakukan pengembangan kompetensi guru, dan melakukan kolaborasi dengan pihak terkait. Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SD 76 Kota Bengkulu, guru penggerak sudah menjalankan upayanya dengan baik, hal ini terlihat dari kualitas pembelajaran yang dilaksanakan dikelas yang sudah menggunakan metode, dan prestasi belajar peserta didik di SD Negeri 76 Kota Bengkulu yang terus meningkat. Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SD negeri 76 Kota Bengkulu terdapat berbagai kendala yaitu keterbatasan anggaran untuk membeli alat dan bahan, keterbatasan sumber daya fisik seperti seperti buku tulis, fasilitas, dan peralatan yang mendukung pembelajaran, kurangnya dukungan orang tua peserta didik, dan kurangnya fasilitas teknologi yang disediakan di sekolah.”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | 1.Dr. Kasmantoni, M.Si 2.Randi, M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru Penggerak, Kualitas Pembelajaran | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2024 08:17 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2024 08:17 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3119 |
Actions (login required)
View Item |