Riyanto, Muhammad (2024) IMPLEMENTASI METODE QIRAATI DALAM PEMBELAJARAN BACA AL-QUR’AN PADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (455kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (680kB) |
|
Text
Muhammad Riyanto_1711240038.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Qiraati dalam pembelajaran baca Al-Qur‟an pada siswa di MI Nurul Huda Kota Bengkulu. dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode Qiraati dalam pembelajaran baca Al-Qur‟an pada siswa di MI Nurul Huda Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan pertama Penerapan implementasi metode Qiraati dalam pembelajaran baca Al-Qur‟an pada siswa di MI Nurul Huda Kota Bengkulu sudah dikatakan baik karena pada proses belajar mengajar membaca AlQur‟an dengan metode qiroati sudah sebagian besar sudah terlaksana. Keikutsertaan siswa dalam mengikuti kegiatan pembukaan, klasikal individual dan penutup siswa sangat antusias, hal ini dapat dilihat jumlah siswa saat kegiatan pembukaan 85% ikut membaca dengan kompak dan semangat. Sistem pembelajaran Qiraati pembacaan peraga yang dilakukan 2 kali yaitu pada 15 menit awal dan 15 menit akhir. Evaluasi metode Qiroati menggunakan 3 evaluasi yaitu evaluasi harian, evaluasi jilid dan evaluasi khataman. Kedua, faktor pendukung dari kegiatan pembelajaran membaca al-Qur‟an di MI Nurul Huda Kota Bengkulu adalah kemampuan membaca al-Quran guru yang baik, Sarana dan prasarana yang memadai, metode yang mudah dan cepat dipahami, lingkungan yang mendukung serta kemampuan siswa. Sedangkan faktor penghambatnya kekurangan guru, kemampuan siswa dan kurangnya motivasi orang tua. Faktor intelektual siswa yang berbeda-beda. Kemampuan siswa dalam hal ini menjadi faktor penghambat terhadap bacaan al-Qur‟an siswa, dalam Ilmu Tajwid banyak materi yang harus dipelajari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Eva Selva Nirwana, M. Pd Pembimbing II: Kurniawan, M. Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Metode Qiraati, Pembelajaran Baca Al-Qur’an. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2024 00:55 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2024 00:55 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3125 |
Actions (login required)
View Item |