IMPLEMENTASI METODE QIRAATI DALAM PEMBELAJARAN BACA AL-QUR’AN PADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA KOTA BENGKULU

Riyanto, Muhammad (2024) IMPLEMENTASI METODE QIRAATI DALAM PEMBELAJARAN BACA AL-QUR’AN PADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (680kB)
[img] Text
Muhammad Riyanto_1711240038.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Qiraati dalam pembelajaran baca Al-Qur‟an pada siswa di MI Nurul Huda Kota Bengkulu. dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode Qiraati dalam pembelajaran baca Al-Qur‟an pada siswa di MI Nurul Huda Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan pertama Penerapan implementasi metode Qiraati dalam pembelajaran baca Al-Qur‟an pada siswa di MI Nurul Huda Kota Bengkulu sudah dikatakan baik karena pada proses belajar mengajar membaca AlQur‟an dengan metode qiroati sudah sebagian besar sudah terlaksana. Keikutsertaan siswa dalam mengikuti kegiatan pembukaan, klasikal individual dan penutup siswa sangat antusias, hal ini dapat dilihat jumlah siswa saat kegiatan pembukaan 85% ikut membaca dengan kompak dan semangat. Sistem pembelajaran Qiraati pembacaan peraga yang dilakukan 2 kali yaitu pada 15 menit awal dan 15 menit akhir. Evaluasi metode Qiroati menggunakan 3 evaluasi yaitu evaluasi harian, evaluasi jilid dan evaluasi khataman. Kedua, faktor pendukung dari kegiatan pembelajaran membaca al-Qur‟an di MI Nurul Huda Kota Bengkulu adalah kemampuan membaca al-Quran guru yang baik, Sarana dan prasarana yang memadai, metode yang mudah dan cepat dipahami, lingkungan yang mendukung serta kemampuan siswa. Sedangkan faktor penghambatnya kekurangan guru, kemampuan siswa dan kurangnya motivasi orang tua. Faktor intelektual siswa yang berbeda-beda. Kemampuan siswa dalam hal ini menjadi faktor penghambat terhadap bacaan al-Qur‟an siswa, dalam Ilmu Tajwid banyak materi yang harus dipelajari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNirwana, Evi Selva197702182007012018UNSPECIFIED
Thesis advisorKurniawan, Kurniawan2022098301UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Eva Selva Nirwana, M. Pd Pembimbing II: Kurniawan, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Qiraati, Pembelajaran Baca Al-Qur’an.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 18 Jul 2024 00:55
Last Modified: 18 Jul 2024 00:55
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3125

Actions (login required)

View Item View Item