“ANALISIS TENTANG PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 32 KOTA BENGKULU”

lestari, wahyuni emilia (2024) “ANALISIS TENTANG PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 32 KOTA BENGKULU”. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (434kB)
[img] Text
WAHYUNI EMILIA LESTARI NIM 2011240049.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Analisis adalah suatu usaha untuk mempelajari lebih detail dari sesuatu benda atau suatu hal dengan cara menjabarkan bagian-bagian atau komponen-komponen untuk dipelajari lebih lanjut. Dimana peneliti menganalisis pembelajaran berbasis kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di SD Negeri 32 Kota Bengkulu dengan melihat proses belajar mengajar siswa dikelas, mewawancarai guru serta siswa kelas IV. Pembelajaran merupakan proses interaksi antara guru dengan siswa agar memperoleh ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran bersis kurikulum Merdeka pada melajaran matematika kelas IV di SD Negeri 32 Kota Bengkulu dan untuk mendeskripsikan persiapan dan kendala pada saat pembelajaran berbasis kurikulum Merdeka pada mata Pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini ditunjukkan dengan metode atau cara guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis kurikulum Merdeka pada mata Pelajaran matematika terhadap siswa kelas IV untuk membentuk suatu pembelajaran yang menarik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi guru dalam penerapan pembelajaran berbasis kurikulum Merdeka pada mata Pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 32 Kota Bengkulu yaitu : kurangnya pengetahuan guru tentang pembelajaran, kurangnya sarana dan prasarana sekolah, kurangnya kesiapan guru, guru jarang menggunakan teknologi yang ada, dan kurangnya kereativitas dan inovasi guru. Sedangkan Solusi guru dalam menyelesaikan kendala dalam pembelajaran berbasis kurikulum Merdeka pada mata Pelajaran matematika kelas IV di SD Negeri 32 Kota Bengkulu, yaitu : menbuat media pembelajaran yang menarik sehingga siswa dapat xvi semangat dalam belajar, membuat suasana belajar nyaman dan menggunakan teknologi yang ada disekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSatria, Irwan197407182003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorSaputra, Adi198102212009011013UNSPECIFIED
Additional Information: 1.Dr. Irwan Satria, M.Pd 2.Dr. Adi Saputra, S.Sos.I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis, Pembelajaran, Kurikulum Merdeka, Matematika
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:26
Last Modified: 18 Jul 2024 01:26
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3133

Actions (login required)

View Item View Item