KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Sanra, Riki (2024) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (306kB)
[img] Text
RIKI SANRA_1911270033...pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran dalam penelitian ini berkaitan dengan kemampuan guru dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan bagaimana bentuk-bentuk kreativitas guru dalam pembelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. (2) Untuk menjelaskan bagaimana respon siswa terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. (3) Untuk menjelaskan apa saja faktor penghambat dan pendukung kreativitas guru dalam pembelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. (4) Untuk menjelaskan bagaimana tanggapan kepala sekolah terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah : (1) Faktor penghambat kreativitas guru IPS diantaranya adalah factor keluarga, lingkungan teman sebaya dan penyusunan waktu. Sedangkan faktor pendukung kreativitas guru dalam pembelajaran IPS adalah keaktifan guru dan siswa, kesiapan guru, dan pengembangan kreativitas guru. (2) Bentuk kreativitas guru dalam pembelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu adalah berupa Penyusunan Perangkat Pembelajaran, Kemudian penggunaan metode belajar yang bervariatif, metode belajar yang bervariatif ini berupa penggabungan antara penggunaan metode konvensional yaitu metode ceramah, dan metode lain seperti studi tour ke lokasi bersejarah, studi perpustakaan atau belajar di perpustakaan, diskusi kelompok, dan snowball throwing. (3) Respon siswa terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu Mayoritas siswa memberikan respon yang baik terhadap penggunaan metode studi tour atau berkunjung ke situs bersejarah, presentasi dan diskusi kelompok, serta pada metode penugasan dengan membuat mind map atau peta konsep. (4) Tanggapan kepala sekolah terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu kepala sekolah sangat mendukung upaya kreativitas guru dalam dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorIqbal, Moch197505262009121001UNSPECIFIED
Thesis advisorSari, Resti Komala2020038802UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Pd. Moch. Iqbal M. SI Pembimbing II: Resti Komala Sari, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Guru, Pembelajaran IPS
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:42
Last Modified: 18 Jul 2024 01:43
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3138

Actions (login required)

View Item View Item