Implementasi Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Kurikulum Merdeka di Kelas 4 dan 5 SDN 76 Kota Bengkulu

Aputri, Anissa Ul (2024) Implementasi Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Kurikulum Merdeka di Kelas 4 dan 5 SDN 76 Kota Bengkulu. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
depan.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (251kB)
[img] Text
ANISSA UL APUTRI_ 2011240053.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills pada Kurikulum Merdeka di SDN 76 Kota Bengkulu, serta faktor penghambat dan solusi guru dalam mengatasi faktor penghambat Implementasi Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills pada Kurikulum Merdeka di SDN 76 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif. Subjek dan informan dalam penelitian ini yaitu guru, wali kelas dan siswa kelas 4 dan 5. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills pada Kurikulum Merdeka di Kelas 4 dan 5 SDN 76 Kota Bengkulu guru melakukan perencanaan dengan membuat modul ajar, menyiapkan materi pembelajaran, menyiapkan model, metode, dan media pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills di SDN 76 Kota Bengkulu tidak dilakukan setiap materi pelajaran dengan melalui tiga tahap pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan instrument dan teknik penilaian, dengan penilaian sumatif dan formatif yang sudah mengarahkan peserta didik pada pengukuran keterampilan tingkat tinggi pada soal pengetahuan. Faktor penghampat dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills pada Kurikulum Merdeka di SDN 76 Kota Bengkulu yaitu waktu guru, kompetesi guru, kecerdasan peserta didik serta sarana dan prasarana. Adapun solusi dalam menghadapi faktor tersebut guru melakukan evaluasi diri, management waktu, memisahkan siswa sesuai dengan kemampuannya dan mengguakan dana pribadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAryati, Aziza197212122005012007UNSPECIFIED
Thesis advisorNurhikmah, Nurhikmah198709192019032004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Aziza Aryati, M.Pd. Pembimbing 2. Nurhikma, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, HOTS, Pembelajaran
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:40
Last Modified: 18 Jul 2024 02:40
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3152

Actions (login required)

View Item View Item