IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA MELALUI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU

Septiani, Hesi (2024) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA MELALUI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (471kB)
[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (731kB)
[img] Text
HESI SEPTIANI_2011210055_.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya keberagaman agama di SMP N 5 kota Bengkulu, masih terdapat siswa yang berkelompok dalam berteman, perkelahian antar siswa masih sering terjadi, kurangnya pemahaman siswa terhadap nilai-nilai moderasi beragama dan institusi sekolah belum sepenuhnya menerapkan nilai-nilai moderasi beragama. Oleh karena itu peneliti mengambil SMPN 5 Kota Bengkulu sebagai lokasi penelitian untuk melaksanakan nilai-nilai Moderasi Beragama pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai moderasi beragama diterapkan melalui prosedur penguasaan Pendidikan Agama Islam pada mahasiswa tingkat VII, untuk mengetahui unsur-unsur pembantu dan unsur penghambat pada penerapan nilai-nilai moderasi agama melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. teknik pengumpulan informasi melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan arsip diperoleh melalui triangulasi arsip. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan nilai-nilai moderasi beragama melalui metode mengenal pendidikan agama Islam telah terlaksana dengan bantuan para pengajar PAI dan pihak instansi membantu dalam penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada siswa, seperti mengadanya kegiatan keagama pada pagi jumat, baik kegiatan Agama Islam ataupun nonmuslim. Mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama ada faktor pendukung yaitu lingkungan sekolah yang memiliki fasilitas yang memadai utnuk terlaksananya kegiatan yang mendukung keagamaan, sedangkan faktor yang menjadi xii penghambat yaitu ada pada lingkungan peserta didik, orang tua dan guru PAI yang kurang pendekatan kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuhirman, Suhirman196802191999031003UNSPECIFIED
Thesis advisorSaputra, Adi198102212009011013UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Suhirman, M.Pd. Pembimbing 2 : Dr. Adi Saputra, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Nilai-nilai Moderasi, Pembelajaran PAI
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:07
Last Modified: 18 Jul 2024 03:07
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3157

Actions (login required)

View Item View Item