PENGARUH MODEL JOYFULL LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 13 KAUR

Siska, Amelia Frand (2024) PENGARUH MODEL JOYFULL LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 13 KAUR. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (813kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (211kB)
[img] Text
AMELIA FRAND SISKA_2011210116.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model joyfull learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 13 Kaur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental Design. Pendekatan ini merupakan penelitian yang menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Bentuk desain quasi eksperimen ada dua, yaitu Time-Series Design dan Nonequivalent Control Group Design, dengan dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII A dan kelas VIII B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan bantuan IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran joyful learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VIII di SMP Negeri 13 Kaur. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang peneliti lakukan. Adapun hasil perhitungan uji t-test dan motivasi yang diperoleh thitung = 2.476 dan ttabel = 1.692. Nilai signifikansi pada tabel menunjukkan 0,019 ≤ 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model joyfull learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VIII di SMP Negeri 13 Kaur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorLubis, Mawardi196512311998031015UNSPECIFIED
Thesis advisorUtami, Intan199010082019031009UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Prof. Dr. H. Mawardi Lubis, M.Pd Pembimbing II: Intan Utami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model joyful learning, motivasi belajar siswa, pendidikan agama Islam
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:20
Last Modified: 18 Jul 2024 03:20
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3160

Actions (login required)

View Item View Item