PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN SIKAP MODERASI BERAGAMA SEJAK DINI DI SD NEGERI 26 KAUR

Sagita, Ririn (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN SIKAP MODERASI BERAGAMA SEJAK DINI DI SD NEGERI 26 KAUR. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (523kB)
[img] Text
RIRIN SAGITA_2011210139.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan sejuta keragaman di dalamnya yang meliputi bahasa, suku, status sosial, budaya dan agama. Keragaman di Indonesia menjadi sebuah mozaik khazanah bagi kehidupan di dalamnya. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama pada Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2021 menjadikan tren istilah moderasi beragama dibumikan dan dipromosikan di Indonesia. Moderasi beragama merupakan cara pandang, sikap dan perilaku dalam beragama secara moderat, yakni memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan sikap moderasi beragama sejak dini di SD Negeri 26 Kaur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber, data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam menumbuhkan sikap moderasi beragama pada siswa di SD Negeri 26 Kaur meliputi, Pertama; berperan sebagai conservator, peran yang akan guru PAI lakukan dengan memberi penguatan spiritual, baik itu memberi pengertian atau penjelasan maupun motivasi agar anak-anak semangat dalam mengamalkan nilai-nilai modersi beragama. Kedua; berperan sebagai inovator, menjalankan program-program yang di luar jam pelajaran seperti halnya bersih-bersih halaman, praktik salat, PHBI (Perayaan Hari Besar Islam). Ketiga; berperan sebagai transformator. Transformasi yang dilakukan guru dalam membangun moderasi beragama yaitu, guru menjadi seorang figur (contoh/panutan). Faktor-faktor yang mendukung terbentuknya sikap moderasi xix beragama siswa meliputi: Pertama adanya dukungan dari kepala sekolah. Kedua adanya sub tema dan materi pembelajaran yang berkaitan dengan moderasi beragama. Sedangkan faktor penghambat dalam menumbuhkan sikap moderasi beragama sejak dini di SD Negeri 26 Kaur meliputi: Pertama, Faktor lingkungan di luar sekolah sangat berpengaruh sekali dalam menghambat terbentuknya sikap moderasi beragama siswa. Kedua, Faktor media sosial yang sulit dikontrol akan menghambat terbentuknya sikap moderasi beragama siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAkbarjono, Ali197509252001121004UNSPECIFIED
Thesis advisorGiyarsi, Giyarsi199108222019032006UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. H. Ali Akbarjono, S.Ag, S.Hum, M.Pd Pembimbing II: Giyarsi, S.Sy., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Peran guru, pendidikan agama islam, moderasi beragama
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:25
Last Modified: 18 Jul 2024 03:25
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3161

Actions (login required)

View Item View Item