Yuliana, Nur Haviza (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PLUS JA-ALHAQ KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (385kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
NUR HAVIZA YULIANA_1911260023.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pada proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode pembelajaran ceramah dan diskusi sehingga menyebabkan siswa merasa jenuh dan kurang memahami materi pembelajaran. Media pembelajaran berbasis powtoon dikembangkan untuk membantu guru dalam memudahkan penyampaian materi dan proses pembelajaran lebih efektif. Kebutuhan pada media pembelajaran dinyatakan belum ada media pembelajaran menarik yang digunakan dalam proses pembelajaran IPA. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis powtoon pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VII SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis metode penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Plus Ja-alHaq Kota Bengkulu dengan melibatkan 10 orang siswa dikelas tujuh dan satu orang guru mata pelajaran IPA. Sehingga langkah awal yang peneliti lakukan adalah menganalisis permasalahan dan menganalisis kebutuhan. Langkah selanjutnya peneliti melakukan design produk media pembelajaran IPA menggunakan powtoon dengan memasukan materi klasifikasi makhluk hidup. Ditahap pengembangan produk di uji validasi terhadap kelayakan media pembelajaran berbasis powtoon oleh 3 dosen di Universitas Islam Negeri Fatmwati Sukarno Bengkulu yang terdiri dari 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli media dan 1 dosen ahli bahasa. Data dari analisis angket dengan menghitung presentase pencapaian pada setiap komponen yaitu 94,6% dari ahli materi, 96% dari ahli media, dan 86% dari ahli bahasa dengan kategori sangat layak digunakan. Data kepraktisan powtoon pembelajaran IPA berdasarkan data hasil respon persepsi siswa dan persepsi guru IPA yang peneliti kembangkan memperoleh nilai presentase viii sebesar 94,33% dari respon persepsi siswa, 95% dari persepsi guru IPA yang dikategorikan sangat praktis. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran IPA berbasis powtoon yang dikembangkan sangat layak, dan sangat praktis digunakan sebagai bahan ajar dalam menunjang proses belajar mengajar pada klasifikasi makhluk hidup siswa SMP untuk kelas VII SMP Plus Ja-alHaq Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Irwan Satria,M.Pd Pembimbing II: Erik Perdana Putra,M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Powtoon, Klasfikasi Makhluk Hidup, Minat Belajar | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2024 04:02 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2024 04:02 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3171 |
Actions (login required)
View Item |