PENGARUH ANTARA GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAQ PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 2 KOTA BENGKULU

Gustianah, Anisa (2024) PENGARUH ANTARA GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAQ PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 2 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
Depan.pdf

Download (661kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (610kB)
[img] Text
ANISA GUSTIANAH_2011240068.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh gaya belajar siswa kelas IV terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah ibtidaiyah Negeri 2 Kota Bengkulu, 2) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa kelas IV terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah ibtidaiyah Negeri 2 Kota Bengkulu, 3) untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah ibtidaiyah. Jenis peneliitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan teknik analisis statistic regresi linier berganda. Pengumpulan data diperoleh melalui angket, dokumentasi, dan tes. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 28 siswa. Teknik sampling yang digunakan penelitian adalah teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar siswa kelas IV yang berjumlah 28 orang mempunyai masing-masing gaya belajar, yaitu visual, auditorial, dan kinestetik. Dapat kita ketahui bahwa hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Bengkulu, sebagaimana peneliti menggunakan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa tertinggi yaitu 100 sedangkan yang terendah yaitu 50. Berdasarkan hasil pengujian tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis simultan (uji F), yang dimana nilai F hitung sebesar 3,465 dengan probabilitas sebesar 0.047 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa semua variabel independen yaitu gaya belajar dan motivasi belajar berpengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) terhadap hasil belajar sebesar 4,7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZubaedi, Zubaedi196903081996031005UNSPECIFIED
Thesis advisorMustamin, Abdul Aziz198504292015031007UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Bapak Prof. Dr. Zubaedi, M.Pd. Pembimbing II: Bapak Abdul Aziz Mustamin, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Gaya Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:09
Last Modified: 18 Jul 2024 07:09
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3182

Actions (login required)

View Item View Item