PERAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD NEGERI 50 KOTA BENGKULU

Fibaroqa, Nurolisra (2024) PERAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD NEGERI 50 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (886kB)
[img] Text
NUROLISRA FIBAROQA 2011240151 - Copy.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SD Negeri 50 Kota Bengkulu”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi yang menunjukkan bahwa adanya penerapan kurikulum yang baru yakni kurikulum merdeka belajar yang memerlukan adanya peran guru untuk menunjang keberhasilan implementasi kurikulum merdeka belajar tersebut. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana peran guru dalam implementasi kurikulum merdeka belajar dan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi implementasi kurikulum merdeka belajar di SD Negeri 50 Kota Bengkulu. Sumber data pada penelitian ini yaitu sumber data primer (Kepala Sekolah, Guru Kelas dan seluruh Guru SD Negeri 50 Kota Bengkulu) dan sumber data sekunder (Arsip TU). Pengumpulan data dilakukan dengan cara triangulasi data yaitu : observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Data dianalisis dengan menggunakan tahap penelitian yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam implementasi kurikulum merdeka belajar yaitu guru sebagai pelaksana, fasilitator, pengajar, pembimbing dan pemimpin bagi siswa di kelas. Dalam implementasi kurikulum merdeka belajar terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya diantaranya adalah kesiapan guru untuk menerapkan kurikulum, pemahaman guru tentang kurikulum merdeka belajar, gaya belajar siswa yang beragam serta sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorFebrini, Deni197502042000032001UNSPECIFIED
Thesis advisorHidayani, Masrifa197506302009012004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Dr. Deni Febrini, M. Pd Pembimbing II: Masrifa Hidayani, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:58
Last Modified: 18 Jul 2024 07:58
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3193

Actions (login required)

View Item View Item