PUTRI, ATEK UTRIZA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK BERHITUNG (KOBER) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II SDN 104 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (244kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (368kB) |
|
Text
SKRIPSI ATEK UTRIZA PUTRI _ 2011240089.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan Media kotak berhitung Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas II SDN 104 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Pengembangan, Media kotak berhitung, pembelajaran matematika. Pada penelitian pengembangan media kotak berhitung ini, peneliti memilih pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan kelas II di SDN 104 Kota Bengkului. Karena media kotak berhitung materi penjumlahan dan pengurangan perlu diadakannya pengembangan karena masih kurang dalam menggunakan media dikarenakan kurangnya kreatifitas guru dalam penggunaan media pembelajaran, baik dari segi merancang atau mengembangkan media pembelajaran. Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang sulit untuk dipahami hanya melalui buku saja, perlunya media pembelajaran untuk mendampingi proses pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah dalam pengembangan media kotak berhitung, yaitu: 1) Bagaimana proses pengembangan media kotak berhitung pada mata pelajaran matematika untuk siswa kelas II SDN 104 Kota Bengkulu, 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran media kotak berhitung pada mata pelajaran matematika untuk siswa kelas II SDN 104 Kota Bengkulu. Penelitian pengembangan media kotak berhitung ini bertujuan: 1) Menghasilkan produk yang berupa media pembelajaran kotak berhitung pada mata pelajaran matematika untuk siswa kelas II SDN 104 Kota Bengkulu, 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran kotak berhitung pada mata pelajaran matematika untuk siswa kelas II SDN 104 Kota B. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan dua jenis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model ADDIE dengan lima langkah pengembangannya, yaitu: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, 5) Evaluasi. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran kotak berhitung dengan menggunakan metode ADDIE telah memenuhi kriteria dari uji coba beberapa ahli. Hasil uji coba ahli media menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 94%. Sedangkan kevalidan ahli materi sebesar 91% dan ahli pembelajaran sebesar 98%. Dari keseluruhan prosentase oleh validasi para ahli tersebut, maka dapat dihitung prosentase rata-rata yaitu sebesar 94% dengan kualifikasi valid dan layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Wiwinda M.Ag Pembimbing II: Zubaidah Bayan, M.Us | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kober (Kotak Berhitung), Hasil Belajar Matematika. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2024 08:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2024 08:36 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3204 |
Actions (login required)
View Item |