PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVER LEARNING BERBASIS PERFORMANCE ASSESMENT TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 11 BENGKULU SELATAN

BOYSSORONGAN, BIMON (2024) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVER LEARNING BERBASIS PERFORMANCE ASSESMENT TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 11 BENGKULU SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (787kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BIMON BOYSSORONGAN 1911260027.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan akademik yang muncul yaitu: Apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model Guided discovery learning berbasis performance assesment terhadap keterampilan proses sains peserta didik di SMPN 11 Bengkulu Selatan. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang berlandasan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil Penelitian sebagai berikut: Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SMP Negeri 11 Bengkulu Selatan, hasil analisi data dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis eksperimen diterima. Artinya “model guided discivery learning berbasis performance assesmnet berpengaruh terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada kelas VIII SMP Negeri 11 Bengkulu Selatan hal ini ditunjukan dari hasil yang diperoleh dari uji t dengan hasil posttest thitung sebesar 4.273 lebih besar dari ttabel yang sebesar 2.021 dengan kesimpulan Ho ditolak sehingga H1 diterima.102 Sehingga hipotesis nol yang menyatakan Tidak ada (tidak terdapat) pengaruh model guided discovery learning berbasis performance assesment terhadap keterampilan proses sains peserta didik ditolak dan dengan demikian hasil uji-t menyatakan bahwa H1 diterima yaitu ada (terdapat) pengaruh model guided discovery learning berbasis performance assasment terhadap keterampilan proses sains peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSukarno, Sukarno196105022000031002UNSPECIFIED
Thesis advisorkhosi"in, khosi'in198807102019031004UNSPECIFIED
Additional Information: 1.Drs. Sukarno, M.Pd 2.Khosi"in. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model, Guided, Discovery, Learning
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 19 Jul 2024 02:11
Last Modified: 19 Jul 2024 02:11
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3213

Actions (login required)

View Item View Item