PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MODUL AJAR BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING KURIKULUM MERDEKA DI SDN 19 KEPAHIANG

Andani, Nini Sari (2024) PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MODUL AJAR BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING KURIKULUM MERDEKA DI SDN 19 KEPAHIANG. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
HALAMAN DEPAM.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (736kB)
[img] Text
NINI SARI ANDANI_ NIM. 2011240158.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan modul ajar sebagai implementasi kurikulum merdeka bukanlah hal yang mudah dilaksanakan oleh guru. Terlebih kurikulum merdeka merupakan kebijakan perubahan kurikulum terbaru dari pemerintah. Guru diharapkan dapat menerapkan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka termasuk menerapkan pembelajaran modul ajar. Permasalahan yang muncul adalah apa saja problematika guru dalam mengimplementasikan modul ajar berbasis problem- based learning kurikulum merdeka dan bagaimana implementasi modul ajar berbasis problem-based learning kurikulum merdeka di SDN 19 Kepahiang. Sumber data pada penelitian ini yaitu Guru (Wali Kelas I dan IV), siswa (kelas I 2 orang kelas IV 2 orang), dan guru penggerak. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Data dianalisis dengan menggunakan tahap penelitian reduksi data, data display dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan Problematika guru dalam mengimplementasikan modul ajar berbasis problem-based learning kurikulum merdeka di SDN 19 Kepahiang, yaitu: Kurangnya kesiapan guru dan guru tidak memanfaatkan teknologi yang ada. Implementasi modul ajar berbasis problem based-learning kurikulum merdeka di SDN 19 Kepahiang Setiap sekolah dalam pengimplementasian modul ajar kurikulum merdeka ini tentunya berharap dapat berhasil diimplementasikan dengan baik oleh guru-guru yang mengajar di kelas. Namun disisi lain dalam pengimplementasian modul ajar kurikulum merdeka khususnya model pembelajaran problem-based learning pastinya ada beberapa permasalahan yakni: Perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAryati, Aziza197212122005012007UNSPECIFIED
Thesis advisorAsvio, Nova198901162020122007UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Aziza Aryati, M.Ag Pembimbing II: Abdul Aziz, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Modul Ajar, Kurikulum Merdeka, ProblemBased Learning, Problematika Guru
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:07
Last Modified: 19 Jul 2024 03:07
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3232

Actions (login required)

View Item View Item