PENGARUH PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DENGAN TEMA KEARIFAN LOKAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 66 KOTA BENGKULU

putri, annisa darsilla (2024) PENGARUH PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DENGAN TEMA KEARIFAN LOKAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 66 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (310kB)
[img] Text
SKRIPSI ANISA DARSILA PUTRI _ 2011240134_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dengan tema kearifan lokal terhadap minat belajar siswa kelas VI di SD Negeri 66 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas VI A berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VI B berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif quasi eksperimen design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar siswa pada pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) tema kearifan lokal berbasis praktek lebih meningkat dari pada pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) tema kearifan lokal tanpa praktek. Hal tersebut dibuktikan pada hasil posttest siswa kelas VI A yang menggunakan pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) tema kearifan lokal berbasis praktek yaitu kategori sedang dan tinggi sebanyak 17 siswa (85%) mendapatkan nilai 45,85 sampai 80,15 sedangkan minat belajar kelas VI B yang mengguanakan pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) tema kearifan lokal tanpa praktek sebanyak 16 siswa (80%) mendapatkan nilai 39,56 sampai 74,44. Dibuktikan dengan hasil perhitungan uji “t” terhadap kedua kelompok dengan hasil yang diperoleh, thitung = 4,51 sedangkan ttabel dengan df 38 pada taraf signifikan 5% yaitu 2,021. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa thitung > ttabel (4,51 > 2,021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorkasmantoni, kasmantoni197510022003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorkhosi"in, khosi'in198807102019031004UNSPECIFIED
Additional Information: 1.Dr. Kasmantoni, M.Si 2.Dr. Kasmantoni, M.Si
Uncontrolled Keywords: P5, Kearifan Lokal, Minat Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:23
Last Modified: 19 Jul 2024 03:23
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3237

Actions (login required)

View Item View Item