PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Khair, Raihanah Atikah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (709kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (446kB)
[img] Text
RAIHANAH ATIKAH KHAIR_2011210034.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hasil pencapaian kompetensi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu terlihat kurangnya hasil belajar siswa karena guru kurang mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu cara yang digunakan untuk mengaktifkan proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam suasana yang menyenangkan adalah dengan menerapkan model pembelajaran make a match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian eksperimen semu (quasi exsperimental design) ini menggunakan rancangan nonelquilvalelnt control group delsilgn. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu Tahun ajaran 2023/2024. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol. Data penelitian berupa ranah kognitif dengan instrumen penilaian berupa tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji t. Hasil penelitian diperoleh rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan uji statistik t nilai test akhir diperoleh nilai Sig. = 0,001 < 0,05 pada taraf signifikasi 5 % atau 0,05. Sesuai kriteria Uji t berarti ???????? ditolak dan ???????? diterima. Hal ini menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan hasil belajar yaitu pada kelas eksperimen sebesar 91,41 sedangkan kelas kontrol sebesar 82,81.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAly, Hery Noer195905201989031004UNSPECIFIED
Thesis advisorSaputra, Adi19810212009011013UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Prof. Dr. H. Hery Noer Aly, MA Pembimbing II: Adi Saputra, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Make a Match dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:24
Last Modified: 19 Jul 2024 03:24
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3238

Actions (login required)

View Item View Item