PENGARUH METODE EJA TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS 1 DI SDN 64 REJANG LEBONG

agustian, dita (2024) PENGARUH METODE EJA TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS 1 DI SDN 64 REJANG LEBONG. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (633kB)
[img] Text
DITA AGUSTIAN_2011240018.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Metode Eja merupakan suatu metode pengajaran yang menekankan pada pengenalan kata melalui proses mendengarkan bunyi huruf. Membaca adalah kegiatan atau proses menerapkan sejumlah teks bacaan dalam rangka memahami bacaan. karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eja terhadap hasil belajar membaca siswa kelas I di SDN 64 Rejang Lebong. Penelitian ini adalah penelitian kuantifatif dengan pendekatan eksperimen desain. Populasi adalah seluruh siswa kelas I SDN 64 Rejang Lebong yang berjumlah 24 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan sampling jenuh yaitu sebanyak 24 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengetahui hasil belajar membaca siswa kelas I SDN 64 Rejang Lebong.Adapun teknik analisis data yaitu dengan uji normalitas,uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil teknik analisis data dari hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa yang mana berdasarkan perhitungan dengan manual sebesar 0,981 dibandingkan dengan nilai alpha yang telah di tentukan 5% yakni 0,05.maka nilai sig kelas tersebut dinyatakan normal.dengan demikian kedua kelompok sebelum dan sesudah penerapan metode eja memiliki variasi yang homogan dari hasil analisis menggunakan uji F. Diperoleh yang diperoleh sebesar 2,804 sedangkan sebesar 2,23. Dan menggunakan uji t. sebesar 6,041 sedangkan dengan df =24 -2 =22 karena pada tarif signitifikan tidak ditemukan df 22,maka digunakan taraf signitifikan 5%sebesar 2,04. Karena > maka Ho yang menyatakan adanya pengaruh metode eja terhadap hasil belajar membaca siswa kelas I di SDN 64 Rejang lebong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSalamah, Salamah1973050520000032004UNSPECIFIED
Thesis advisorKurniawan, Kurniawan198309222023211014UNSPECIFIED
Additional Information: 1.Salamah, S.E., M.Pd 2.Dr. Kurniawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Eja, Hasil Belajar Membaca
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:38
Last Modified: 19 Jul 2024 03:38
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3244

Actions (login required)

View Item View Item