IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 21 SELUMA

mahmudah, nurul (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 21 SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (564kB)
[img] Text
NURUL MAHMUDAH_NIM 1911210016.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Upaya persiapan implementasi kurikulum merdeka belajar (KM) dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya dengan memperkuat pola pikir berkembang (growth mindset) guru. Guru�guru perlu diberikan keyakinan bahwa KM sebagai kurikulum pilihan dapat diimplementasikan pada semua tingkat satuan pendidikan. Penelitian ini membahas tentang implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP negeri 21 Seluma dengan rumusan masalah: Bagaimana pelaksanaan penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI kelas VII di SMPN 21 Seluma . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuatitatif yang sering disebut model penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan dalam kondisi alamiah, kemudian pendekatan yang dilakukan dengan memakai pendekatan pedagogik, lalu data tersebut dikumpul dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun instrumen sebagai suatu alat yang digunakan untuk mengukur fenomena dalam penelitian dimana instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri. Kemudian menyusun pedoman wawancara yang berisi pertayaan, serta pedoman observasi dan beberapa dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 21 Seluma telah menerapkan pembelajaran dan penilaian berdefensiasi sebagai perwujudan penerapan merdeka belajar dan imlementasi dari pola penerapan merdeka belajar itu berdampak baik terhadap peningkatan daya kreativitas peserta didik, menjadikan pembelajaran pendidikan Agama Islam lebih menyenangkan, berkwalitas dan bermakna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNasron, Nasron198107202007101003UNSPECIFIED
Thesis advisorutami, intan199010082019031009UNSPECIFIED
Additional Information: 1.Dr. H. M. Nasron, HK., M.Pd.I 2.Intan Utami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Merdeka Belajar, Pembelajaran PAI
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:57
Last Modified: 19 Jul 2024 03:57
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3252

Actions (login required)

View Item View Item