PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY TERPIMPIN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV MI DARUSSALAM BENGKULU TENGAH

Novianti, Martini Dwi (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY TERPIMPIN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV MI DARUSSALAM BENGKULU TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (774kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (298kB)
[img] Text
MARTINI DWI NOVIANTI_1711240104.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Terpimpin dalam meningkatkan Minat Belajar Tematik Siswa Kelas IV MI Darussalam Bengkulu Tengah. Dalam penelitian ini peneliti menggunkan jenis penelitian quasi eksperimen menggunakan kelas eksperimen dan kelas Kontrol. Peneliti menggunkan populasi sebanyak 30 dan sampel sebanyak 30 sampel dimana karena populasi kurang dari 100 maka semua populasi dijadikan sampel, saat penelitian berlangsung peneliti menggunkan dua kelompok yang mana satu diberi perlakuan dan satunya tidak diberi perlakuan. Dengan teknik pengumpulan data menyebar angket untuk minat belajar Tematik siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran discovery terpimpin dalam meningkatkan minat belajar siswa mata pelajaran tematik muatan IPA siswa kelas IV MI Darussalam Bengkulu Tengah. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan t hitung lebih besar dari nilai t tabel, nilai t tabel sebesar 2,048 dan diperoleh nilai t hitung sebesar 5,685. Maka t hitung 5,685> t tabel 2,048 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dan dari hasil perhitungan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,519, nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh penerapan metode pembelajaran discovery terpimpin (X) dalam menumbuhkan minat belajar siswa kelas IV MI Darussalam Bengkulu Tengah (Y) adalah sebesar 51,9 % sedangkan 48,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhairi, Qolbi198107202007101003UNSPECIFIED
Thesis advisorYunarman, Sepri199002102019031015UNSPECIFIED
Additional Information: PEmbimbing I: Dr. Qolbi Khairi, M. Pd. I Pembimbing II: Sepri Yunarman, M. Si
Uncontrolled Keywords: Metode Discovery Terpimpin, Minat Belajar Siswa
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:59
Last Modified: 19 Jul 2024 03:59
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3253

Actions (login required)

View Item View Item