satriadi, muhammad merdiansyah (2023) STUDI PERBEDAAN ANTARA PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS BERDASARKAN JALUR ZONASI DAN JALUR PRESTASI DI SMPN 2 KOTA BENGKULUsa. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
Text
DEPAN.pdf Download (893kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (257kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (528kB) |
|
Text
Muhammad Merdiansyah Satriadi_1911270049.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dari jalur prestasi dan jalur zonasi di SMPN 2 Kota Bengkulu Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Sampel sebanyak 72 siswa, yakni terdiri dari 36 siswa jalur prestasi dan 36 siswa jalur zonasi, diambil dengan teknik purposive sampeling. Data diperoleh dengan dokumentasi yaitu nilai raport pada kedua kelompok siswa tahun ajaran 2022/2023. Dianalisis dengan menggunakan uji prasyarat terdiri dari uji normalitas, linearitas dan kemudian uji hipotesis. Hasil penelitian diketahui bahwa: Pertama, nilai rata-rata prestasi belajar IPS siswa jalur prestasi adalah 85,36 sedangkan jalur zonasi 81,78. Prestasi belajar siswa jalur prestasi yang termasuk dalam kategori baik sekali sebanyak 3 siswa atau 8%, dalam kategori baik sebanyak 25 siswa atau 70%, dalam kategori cukup sebanyak 8 orang atau 22% dan kategori kurang tidak ada atau 0%. Sedangkan pada jalur zonasi diketahui bahwa yang termasuk dalam kategori baik sekali sebanyak 2 siswa atau 5%, dalam kategori baik sebanyak 25 siswa atau 70%, dalam kategori cukup sebanyak 9 siswa atau 25% dan kategori kurang tidak ada atau 0%; Kedua, terdapat perbedaan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dari jalur prestasi dan dari jalur zonasi di SMPN 2 Kota Bengkulu. Hal ini berdasarkan uji “z” terhadap nilai raport siswa kedua kelompok, diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa hipotesis (H1) dalam penelitian ini diterima. Simpulan, yaitu terdapat perbedaan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS dari jalur prestasi dan dari jalur zonasi di SMPN 2 Kota Bengkulu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | 1.Dr. Irwan Satria, M.Pd 2.Rossi Delta Fitrianah, M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar Siswa, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi, PPDB Jalur Zonasi, PPDB Jalur Prestasi | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2024 07:47 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:47 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3270 |
Actions (login required)
View Item |