STUDI PERBEDAAN ANTARA PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS BERDASARKAN JALUR ZONASI DAN JALUR PRESTASI DI SMPN 2 KOTA BENGKULUsa

satriadi, muhammad merdiansyah (2023) STUDI PERBEDAAN ANTARA PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS BERDASARKAN JALUR ZONASI DAN JALUR PRESTASI DI SMPN 2 KOTA BENGKULUsa. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (893kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (528kB)
[img] Text
Muhammad Merdiansyah Satriadi_1911270049.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dari jalur prestasi dan jalur zonasi di SMPN 2 Kota Bengkulu Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Sampel sebanyak 72 siswa, yakni terdiri dari 36 siswa jalur prestasi dan 36 siswa jalur zonasi, diambil dengan teknik purposive sampeling. Data diperoleh dengan dokumentasi yaitu nilai raport pada kedua kelompok siswa tahun ajaran 2022/2023. Dianalisis dengan menggunakan uji prasyarat terdiri dari uji normalitas, linearitas dan kemudian uji hipotesis. Hasil penelitian diketahui bahwa: Pertama, nilai rata-rata prestasi belajar IPS siswa jalur prestasi adalah 85,36 sedangkan jalur zonasi 81,78. Prestasi belajar siswa jalur prestasi yang termasuk dalam kategori baik sekali sebanyak 3 siswa atau 8%, dalam kategori baik sebanyak 25 siswa atau 70%, dalam kategori cukup sebanyak 8 orang atau 22% dan kategori kurang tidak ada atau 0%. Sedangkan pada jalur zonasi diketahui bahwa yang termasuk dalam kategori baik sekali sebanyak 2 siswa atau 5%, dalam kategori baik sebanyak 25 siswa atau 70%, dalam kategori cukup sebanyak 9 siswa atau 25% dan kategori kurang tidak ada atau 0%; Kedua, terdapat perbedaan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dari jalur prestasi dan dari jalur zonasi di SMPN 2 Kota Bengkulu. Hal ini berdasarkan uji “z” terhadap nilai raport siswa kedua kelompok, diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa hipotesis (H1) dalam penelitian ini diterima. Simpulan, yaitu terdapat perbedaan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS dari jalur prestasi dan dari jalur zonasi di SMPN 2 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSatria, Irwan197407182003120004UNSPECIFIED
Thesis advisorfitrianah, rossi delta198107272007102004UNSPECIFIED
Additional Information: 1.Dr. Irwan Satria, M.Pd 2.Rossi Delta Fitrianah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Siswa, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi, PPDB Jalur Zonasi, PPDB Jalur Prestasi
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:47
Last Modified: 19 Jul 2024 07:47
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3270

Actions (login required)

View Item View Item