ANALISIS ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN PANCASILA DI SD NEGERI 106 KOTA BENGKULU

Berninda, Nurnanda (2024) ANALISIS ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN PANCASILA DI SD NEGERI 106 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (632kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (631kB)
[img] Text
NURNANDA BERNINDA_2011240013.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Alur tujuan pembelajaran dalam pendidikan pancasila di SD Negeri 106 Kota Bengkulu telah digunakan dengan baik dalam proses kegiatan belajar. Alur tujuan pembelajaran mempunyai peranan penting dalam proses kegiatan pembelajaran,tujuan pembelajaran dapat menjadi acuan dalam proses desain pembelajaran sehingga sangat membantu dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu peneliti ingin meneliti alur tujuan pembelajaran agar penerapannya lebih efektif dan efisien serta diharapkan meningkatkan kualitas belajar peserta didik. Dengan permasalahan yang muncul adalah Bagaimana Alur Tujuan Pembelajaran dalam Pendidikan Pancasila dan Apa faktor mempengaruhi Analisis Alur Tujuan Pembelajaran dalam Pendidikan Pancasila di SD Negeri 106 Kota Bengkulu. Sumber data pada penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru (Wali Kelas I dan II), siswa (kelas I 1 orang kelas II 1 orang). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu menganalisis data dengan cara mendiskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul berlaku secara umum atau generalisasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa alur tujuan pembelajaran dalam pendidikan pancasila di SD Negeri 106 Kota Bengkulu sudah diterapkan dengan baik sesuai impelementasi permendikbud yang meningkatkan kualitas belajar siswa sehingga bermanfaat bagi guru dapat dijadikan sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran kepada siswa. Adapun kendala yang dialami dalam alur tujuan pembelajaran berupa penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat dan kurangnya kondusif suasana belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhermarinah, Khermarinah196312231993032002UNSPECIFIED
Thesis advisorAsvio, Nova198901162020122007UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Khermarinah, M.Pd.I Pembimbing Ii: Dr. Nova Asvio, M.Pd
Uncontrolled Keywords: ATP, Pendidikan Pancasila
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:10
Last Modified: 19 Jul 2024 08:10
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3276

Actions (login required)

View Item View Item