PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 75 KOTA BENGKULU

Febriyanti, Febriyanti (2024) PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 75 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (516kB)
[img] Text
FEBRIYANTI_NIM 1911210050.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang membahas terkait permasalahan-permasalahan yang terjadi di SD N 75 Kota Bengkulu pada penerapan pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang diterapkan sebagai penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2013. Dalam penerapannya pada pembelajaran, kurikulum merdeka telah dikembangkan menjadi kurikulum yang lebih variabel namun tetap fokus pada materimateri yang mendasar, pengembangan karakter serta kompetensi pada siswa. Seperti pada ulasannya bahwa kurikulum merdeka memiliki tujuan sebagai pemulihan pada krisisnya pembelajaran yang semakin parah akibat pandemi, selain itu juga bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada lembaga maupun guru untuk mengembangkan dan mengelola kurikulum serta pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik. Penelitian ini mengambil beberapa responden yang terdiri dari waka kurikulum, guru pendidikan agama Islam, guru umum, serta beberapa siswa yang dipikir mampu dan paham terkait penelitian ini. Dalam pengambilan data digunakan teknik wawancara, observasi di lapangan serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan adanya tiga permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam, pelaksanaan penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan Islam dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi tersebut. Tiga permasalahan tersebut yakni sulitnya proses penerapan dalam pembelajaran kurikulum merdeka PAI, proses pelaksanaan xii pembelajaran kurikulum merdeka pada PAI, dan sulitnya penilaian kurikulum merdeka PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNasron, Muhammad196107291995031001UNSPECIFIED
Thesis advisorTaufiqurrahman, Muhammad199401152018011003UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. M.Nasron, HK. M. Pd. I., Pembimbing II : M. Taufiqurrahman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problematika, Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran PAI.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:35
Last Modified: 19 Jul 2024 08:35
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3287

Actions (login required)

View Item View Item