PENERAPAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI BERPAKAIAN SECARA ISLAMI DI KELAS X SMAN 7 SELUMA

Sari, Dera Puspita (2024) PENERAPAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI BERPAKAIAN SECARA ISLAMI DI KELAS X SMAN 7 SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (586kB)
[img] Text
DERA PUSPITA SARI_1911210106.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah diterapkannya wordwall pada siswa di kelas X SMAN 7 Seluma. Perkembangan pesat dalam teknologi dapat mengarah pada pembentukan lingkungan yang kompetitif, dan kondisi kompetitif ini dapat dimanfaatkan melalui aplikasi berbasis permainan (game). Proses pembelajaran di SMAN 7 Seluma masih sangat monoton. Terutama pada pembelajaran PAI guru masih menggunakan media pembelajaran konvensional sehingga siswa merasa bosan pada saat proses pembelajaran, bahkan siswa banyak yang terlihat tidak berkonsentrasi bahkan mengantuk. Selain itu, guru PAI di SMAN 7 Seluma ini juga masih belum tau adanya alat-alat teknologi berbentuk game yang bisa digunakan dalam belajar. Evaluasi pembelajaran yang digunakan juga melalui pengerjaan LKS, essay, resume dan lain sebagainya. Jadi menurut penulis, evaluasi pembelajaran yang dilakukan kurang mendukung untuk tercapainya tujuan pembelajaran oleh karena itu peneliti ingin meneliti apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PAI di kelas X sebelum dan sesudah diterapkannya wordwall?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Metode quasi eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa sebelum dan setelah digunakannya wordwall pada mata pelajaran PAI materi pokok berpakaian secara islami di kelas X SMAN 7 Seluma. Hal ini berdasarkan perhitungan uji T-Test untuk hasil belajar diperoleh Sig.(2- tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari penjabaran tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pada hasil belajar siswa sebelum dan setelah digunakannya wordwall pada mata pelajaran PAI materi pokok berpakaian secara islami di kelas X SMAN 7 Seluma.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNasron, nasron196107290995031001UNSPECIFIED
Thesis advisorc, 1911210106199401152018011003UNSPECIFIED
Additional Information: 1.Dr. H. M. Nasron, HK, M.Pd.I 2.M. Taufiqurrahman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Wordwall
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:32
Last Modified: 22 Jul 2024 08:32
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3333

Actions (login required)

View Item View Item