PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV DI SDN 186 BENGKULU UTARA

MAHYUNI, ELYA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV DI SDN 186 BENGKULU UTARA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (422kB)
[img] Text
ELYA MAHYUNI _2011210002.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Penerapan Pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas IV di SDN 186 Bengkulu Utara. Keragaman belajar peserta didik memiliki bakat, minat dan kemampuan masingmasing sehingga guru memiliki kesulitan dalam menyampaikan materi dan sebagai seoramg guru harus memfasilitasi peserta didik sesuai dengan kebutuhannya.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam serta faktor pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas IV di SDN 186 Bengkulu UtaraPenelitian ini dilaksanakan di SDN 186 Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif karena penelitian ini menampilkan data apa adanya dan mendeksripsikan keadaan yang diamati dilapangan dengan lebih spesifik, transparan dan mendalam. Subjek penelitian ini yaitu guru pendidikan agama islam. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles dan Huberman. Yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi sangat cocok diterapkan untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik dengan karakteristik yang berbeda-beda, peserta didik akan merasa disambut dengan baik dan merasa sangat dihargai, terdapat keadilan yang nyata, guru dan peserta didik bisa berkolaborasi dan yang paling utama kebutuhan belajar peserta didik bisa terfasilitasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorYumarni, Asmara197108272005012003UNSPECIFIED
Thesis advisorEfendi, Hamdan198804122023211026UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Asmara Yurmani M.Ag. Pembimbing II: Hamdan Effendi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Pembelajaran Berdiferensiasi, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 23 Jul 2024 01:15
Last Modified: 23 Jul 2024 01:15
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3336

Actions (login required)

View Item View Item