Afriyanti,, Agnes (2024) ANALISIS KESULITAN GURU KELAS DALAM MENERAPKAN P5 (PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA) DI SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (294kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (379kB) |
|
Text (Skripsi)
AGNES AFRIYANTY_2011240127.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang apa saja yang menjadi kesulitan guru dalam menerapkan P5 dan apa saja solusi yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi dalam menerapkan P5 di SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru dan Kepala Sekolah SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentas. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program P5 ini merupakan hal baru sehingga terdapat kendala atau kesulitan yang dihadapi guru. Dalam proses perencanaan, guru merasa kesulitan dalam penerapan sumber bahan ajar yakni modul ajar. Kemudian tingkat pemahaman guru terhadap P5 masih kurang, hal ini akan menjadi penghambat dalam melaksanakan program ini. Dalam melaksanakan P5, guru dituntut untuk memiliki pemahaman yang baik terkait dari segi konsep, strategi pelaksanaan, penentuan tema dan dimensi hingga penilaiannya. Hal ini bertujuan agar pelaksanaan P5 dapat berjalan selaras dengan tujuan yang diharapkan mampu diwujudkan. Maka dari itu upaya yang dapat dilakukan oleh guru dan tenaga kependidikan untuk mengatasi permasalahan itu antara lain perlu meningkatkan sosialisasi dan pelatihan kepada guru dan tenaga kependidikan lainnya mengenai pentingnya penguatan P5 dalam kurikulum merdeka. Mengikuti pelatihan akan memberikan manfaat bagi guru dalam menerapkan program P5 di sekolah, misalnya guru lebih memahami struktur kurikulum merdeka, memahami alur desain kegiatan P5, memahami esensi dari program P5, mampu merancang modul proyek, serta mampu merancang asesmen dalam kegiatan P5.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Guru, P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Nov 2024 06:16 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Nov 2024 06:16 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3456 |
Actions (login required)
View Item |