IMPLEMENTASI P5 (PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA) DALAM DIMENSI BERFIKIR KRITIS DAN KREATIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Utami,, Sherly Arlena (2024) IMPLEMENTASI P5 (PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA) DALAM DIMENSI BERFIKIR KRITIS DAN KREATIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
COVER.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (114kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (296kB)
[img] Text (Skripsi)
SHERLY ARLENA UTAMI_2011240076.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman guru dalam mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada dimensi berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 32 Kota Bengkulu. P5 merupakan pendekatan pendidikan yang bertujuan untuk memperkuat karakter dan kompetensi siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, penelitian ini menemukan bahwa implementasi P5 mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dalam diskusi, analisis teks, dan proyek kreatif yang mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. P5 juga mendorong kerja sama antar siswa dan menumbuhkan ide-ide orisinal dalam tugas-tugas kreatif, seperti menulis cerita pendek, puisi, dan drama. Pencapaian guru dalam merancang modul pembelajaran dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung kolaborasi terbukti efektif, dengan 85% siswa menunjukkan peningkatan dalam kemampuan analitis. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi hambatan seperti kurangnya pelatihan, keterbatasan sumber daya, dan waktu yang terbatas dalam pelaksanaan P5. Oleh karena itu, diperlukan koordinasi yang matang dan dukungan berkelanjutan untuk mengatasi tantangan ini dan memaksimalkan hasil pembelajaran. Kesimpulannya, implementasi P5 telah memberikan dampak positif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa, meskipun tantangan tetap ada dan perlu ditangani secara sistematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhermarinah, Khermarinah196312231993032002UNSPECIFIED
Thesis advisorLukman, Lukman19700525000031003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Pembelajaran Bahasa Indonesia, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 04 Nov 2024 07:08
Last Modified: 04 Nov 2024 07:08
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3460

Actions (login required)

View Item View Item