PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII DI SMP NEGERI 30 BENGKULU TENGAH

Downloads

Downloads per month over past year

Haryani, Ima Kurnia (2024) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII DI SMP NEGERI 30 BENGKULU TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (297kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (295kB)
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI IMA KURNIA HARYANI_1911290086.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kurikulum merdeka di SMP Negeri 30 Bengkulu Tengah, bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran kurikulum merdeka pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII, dan bagaimana kendala dan solusi Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 30 Bengkulu Tengah. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif. Subjek dan informan dalam ini yaitu kepala sekolah, wakil kurikulum, guru bahasa indonesia, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini yaitu pelaksanaan kurikulum merdeka berjalan dengan baik dan diteri ma oleh warga sekolah, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya wawancara dengan kepala sekolah, wakil kurikulum, pendidik dan siswa. Di SMP Negeri 30 Bengkulu Tengah juga terdapat kendala seperti kesulitan mengubah mindset atau kebiasaan lama, penerapan pembelajaran diferensiasi yang kurang maksimal, dan banyaknya perangkat pembelajaran, dengan adanya kendala ini pihak sekolah memiliki solusi seperti memperbanyak pengetahuan, mengikuti workshop atau lokakarya intern dan ekstern, dan sharing dengan sesama pendidik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Bahasa indonesia kelas VII di SMP Negeri 30 Bengkulu Tengah sudah 95% sudah berjalan cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAnsyah, Edi197007011999032002UNSPECIFIED
Thesis advisorRandi, Randi198806122023211030UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 04 Nov 2024 08:49
Last Modified: 04 Nov 2024 08:49
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3488

Actions (login required)

View Item View Item