Neviana, Risma (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA TABUT BENGKULU DENGAN APLIKASI ADOBE FLASH CS6. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (958kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (991kB) |
|
Text (Skripsi)
RISMA NEVIANA_2011280006_compressed.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar interaktif materi bangun ruang sisi datar berbasis etnomatematika Tabut Bengkulu dengan aplikasi Adobe Flash CS6 yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (research and development). Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model ADDIE merupakan proses penelitian pengembangan yang terdiri dari lima fase yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berdasarkan prosedur penelitian tersebut didapatkan hasil dari pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada 3 orang ahli, dapat diketahui bahwa hasil validasi ahli materi 83%, validasi ahli media 92%, dan validasi ahli bahasa 96%. Berdasarkan penilaian ketiga ahli tersebut didapatkan rata-rata sebesar 90%, sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi bahan ajar interaktif yang dikembangkan berkriteria “Sangat Valid”. Hasil analisis angket respon guru didapatkan persentase 84%, sedangkan hasil analisis angket respon peserta didik mendapatkan persentase sebesar 90%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi bahan ajar interaktif yang dikembangkan berkriteria “Sangat Praktis”. Hasil uji efektif yang diambil dari data nilai postest kelas kontrol yang menggunakan buku cetak dan replika bangun ruang sisi datar, dan nilai postest kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi bahan ajar interaktif, kemudian dianalisis menggunakan uji independent sample t test dengan aplikasi SPSS versi 29 dengan hasil nilai sig. (1-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa nilai kelas A (eksperimen) yang melakukan pembelajaran dengan aplikasi bahan ajar interaktif secara signifikan lebih besar daripada nilai kelas B (kontrol) yang melakukan pembelajaran dengan buku xviii cetak. Dengan kata lain, aplikasi bahan ajar interaktif yang dikembangkan berkriteria efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Bahan Ajar Interaktif, Bangun Ruang Sisi Datar, Tabut Bengkulu, Adobe Flash CS6 | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Nov 2024 02:11 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Nov 2024 02:11 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3562 |
Actions (login required)
View Item |