Aini, Nurul (2024) ANALISIS PEMASARAN PRODUK FASHION DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DI ERA PERSAINGAN DIGITAL PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada pedagang PTM Kota Bengkulu). Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
Text (skripsi)
HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (skripsi)
NURUL AINI_2011130139.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis bagaimana pendekatan Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP) digunakan oleh pedagang fashion di Pasar Tradisional Modern (PTM) Kota Bengkulu untuk bersaing di era digital. Selain itu, penelitian ini juga mengevaluasi penerapan strategi pemasaran berdasarkan Product, Price, Plic,e Promotion (4P) dalam meningkatkan pendapatan pedagang. Terakhir, penelitian ini menelaah penerapan nilai-nilai Islam, seperti siddiq (jujur), amanah (dapat dipercaya), tabligh (komunikatif), dan fathanah (cerdas) dalam strategi pemasaran oleh pedagang fashion di PTM Kota Bengkulu. Untuk mengujui hal ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara secara mendalam, dan studi dokumentasi .Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan STP (Segmentation, Targeting, Positioning), pedagang fashion di PTM Kota Bengkulu menerapkan segmentasi berdasarkan demografi dan perilaku belanja, menargetkan segmen tertentu seperti remaja dan kalangan menengah ke bawah, serta memosisikan produk berkualitas yang relevan dengan tren namun tetap terjangkau. Strategi pemasaran berbasis 4P (Product, Price, Place, Promotion) juga diterapkan dengan baik, di mana pedagang mampu menyesuaikan produk dengan tren yang berkembang, menetapkan harga yang fleksibel, mengandalkan toko fisik untuk distribusi, dan melakukan promosi secara tradisional. Sementara itu, nilai-nilai Islam yang meliputi shiddiq (jujur), amanah (dapat dipercaya), tabligh (menyampaikan informasi secara transparan), dan fathanah (cerdas) diterapkan oleh pedagang dalam strategi pemasaran mereka. Penerapan nilai-nilai ini membantu membangun kepercayaan konsumen dan menjaga hubungan jangka panjang yang baik. Dengan demikian, strategi pemasaran ix ini tidak hanya membantu pedagang dalam menghadapi persaingan digital, tetapi juga menciptakan integritas dan loyalitas konsumen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Pendapatan pedagang fashion, 4P, STP, Perspektif Bisnis Islam | ||||||||||||
Subjects: | Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari`ah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari`ah | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Nov 2024 03:57 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Nov 2024 03:57 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3583 |
Actions (login required)
View Item |