PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA DALAM MATA PELAJARAN IPS DI SMP MUHAMMADIYAH KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Bardury, Annisa Salina (2024) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA DALAM MATA PELAJARAN IPS DI SMP MUHAMMADIYAH KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (526kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (891kB)
[img] Text (Skripsi)
Annisa Salina Bardury_2011270021.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan penerapan media pembelajaran diorama dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri Muhammadiyah Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga tahapan dalam penggunaan media diorama dalam pembelajaran IPS di SMP Muhammadiyah Kota Bengkulu. Pertama adalah awal pembelajaran dengan membuat siswa penasaran akan media diorama. Kemudian tahap kedua proses pembelajaran langsung dimana guru IPS menerapkan suatu media pembelajaran diorama sesuai dengan materi ajar. Kemudian tahap ketiga adalah akhir pembelajaran, dengan cara melihat sejauh mana pemahaman siswa dari materi dengan media diorama ini. Penggunaan media diorama mempunyai dampak kepada siswa yakni menumbuhkan minat dan motivasi belajar IPS. Adapun hambatan dalam penerapannya yakni dalam pembelajarn IPS guru membutuhkan waktu lebih dalam pembuatan media sebelum belajar. Disamping hambatan tentu adanya pendukung yakni dukungan dari kepala sekolah berupa sarana dan prasarana yang menunjung keberhasilan belajar terpenuhi. Dalam penerapannya media diorama ini tergolong ke pembelajaran yang menyenangkan sehingga peserta didik menjadi termotivasi dalam belajar. Serta biaya yang digunakan tergolong terjangkau dan mudah didapat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorIqbal, Moch19750526009121001UNSPECIFIED
Thesis advisorYunarman, Sepri199002102019031015UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Diorama
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 06 Nov 2024 06:26
Last Modified: 06 Nov 2024 06:29
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3603

Actions (login required)

View Item View Item