ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 SELUMA

Downloads

Downloads per month over past year

Harahap, Novi Ayu Ramadhan (2024) ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPAN_novi.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (443kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (829kB)
[img] Text (Skripsi)
NOVI AYU RAMADHAN HARAHAP_2011280039-compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang dapat dipahami sebagai merdeka berpikir dan berkarya, serta menghormati atau merespons perubahan yang terjadi. Membebaskan sistem pengajaran, akan berubah dari yang awalnya bernuansa di dalam kelas menjadi di luar kelas. SMA Negeri 1 Seluma sudah menerapkan kurikulum merdeka belajar pada tahun ajaran 2023-2024. Dalam penelitan ini, menggunakan pendekatan kualitatif dan menerapkan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang meliputi Data Reducation (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data) dan Drawing/Verivication (Penarikan Kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah Perencanaan Kurikulum Merdeka Belajar ini sudah disiapkan, seperti guru diadakan dulu IHT Kurikulum Merdeka, Dari segi sarana dan prasarana juga disiapkan, Menyusun KOSP, dan mengikuti Wabiner, Bintek, Worksop, skil, SDM, dan perkenalan kurikulum merdeka belajar. Pelaksanaan kurikulum Merdeka lumayan efektif dilakukan karena kurikulum merdeka ini pembelajarannya berpusat pada peserta didik, apalagi guru menggunakan model pembelajaran berdiferensiasi, Penerapan P5 di sekolah ini dilaksanakan secara berkolaborasi. P5 sudah diadakan sebanyak 3 kali dengan tema Kebhinekaan Global, Kewirausahaan dan Kearifan Lokal. Pada tahap evaluasi sekolah melakukan perubahan sistem evaluasi kurikulum merdeka yaitu Assasmen Diagnostik, Asssasmen Formatif dan Assasmen Sumatif. Pada kurikulum merdeka belajar cara penilaian terhadap hasil belajar peserta didik yaitu memiliki 2 rapot, baik rapot penilaian dan rapot P5.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSunarto, Andang197611242006041002UNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuni, Betti Dian198103302023212015UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran Matematika
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 07 Nov 2024 01:36
Last Modified: 07 Nov 2024 01:36
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3653

Actions (login required)

View Item View Item