Ramadhan, Sahru (2024) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA KESENIAN REBANA PADA MASYARAKAT SUKU PEKAL KECAMATAN MALIN DEMAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text (Skripsi)
SAHRU RAMADHAN_2011280015.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Guru masih kesulitan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar matematika, seperti kesenian rebana dalam pembelajaran matematika di kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi etnomatematika kesenian rebana pada masyarakat suku pekal Kecamatan Malin Deman sebagai sumber belajar matematika siswa SMP. Jenis penelitian ekploratif, metode kualitatif. Objek penelitian adalah aktivitas fundamental matematis kesenian rebana sarapal anam. Subjek penelitian yaitu pembuat rebana, ketua, pelatih, anggota kesenian rebana sarapal anam fastabiqul khairat dan guru matematika SMP. Teknik pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesenian rebana sarapal anam pada masyarakat suku pekal, diantaranya aspek counting pada proses pembuatan kesenian rebana. Locating yakni pada cara penyusunan rebana pada tempat penyimpanan kesenian rebana dan lokasi pementasan kesenian rebana. Measuring pada durasi waktu pelaksanaan kesenian rebana, kecepatan tempo permainanan kesenian rebana dan ukuran kesenian rebana. Playing pada cara memainkan kesenian rebana dan penentuan jadwal latihan kesenian rebana. Designing pada bentuk kesenian rebana dan bentuk permukaan kesenian rebana. Explaining pada makna dari kesenian rebana sarapal anam. Aspek fundamental tersebut terdapat aspek matematis dapat dijadikan sebagai sumber belajar matematika dan penunjang sekaligus jembatan untuk memahami pelajaran matematika. Aspek matematis pada kesenian rebana di kelas VIII difokuskan pada materi lingkaran dengan sub materi pokok unsur-unsur lingkaran. Dibuatkan RPP mengenai materi lingkaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kesenian rebana pada masyarakat suku pekal dapat dijadikan sumber belajaran matematika khususnya materi lingkaran. Oleh karena itu dapat disarankan bahwa untuk memudahkan proses pembelajaran matematika maka tingkatkan eksplorasi budaya local rebana sarapal anam sebagai sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Ekplorasi, Etnomatematika, Kesenian Rebana, Sumber Belajar Matematika. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 01:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 01:44 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3654 |
Actions (login required)
View Item |