Nisak, Ana Khairun (2024) PENGARUH PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 11 BENGKULU TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (377kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (415kB) |
|
Text (Skripsi)
ANA KHAIRUN NISAK_2011210057.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan Kurikulum Merdeka oleh guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terhadap keaktifan belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 11 Bengkulu Tengah, serta seberapa besar pengaruh tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan populasi sebanyak 58 siswa yang semuanya dijadikan sampel penelitian. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VII dan objek penelitiannya adalah kurikulum merdeka dan keaktifan belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji pengaruh dengan menggunakan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antar kurikulum merdeka dengan keaktifan belajarsiswa di SMP Negeri 11 Bengkulu Tengah. Hasil ini terbukti dengan perbandingan Fhitung > Ftabel yaitu 199,951 > 4,01 pada taraf 5% dan Fhitung > Ftabel yaitu 199,951 > 7,11 pada taraf 1%. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara kurikulum merdeka terhadap keaktifan belajar siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh persamaan regresi linear sederhana yaitu Y = 38,321 + 2,425X niali b (koefisien regresi) menunjukkan adanya pengaruh positif variabel X terhadap variabel Y Kontribusi pengaruh kurikulum merdeka terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 78,4 % sedangkan sisanya 21,6 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka Belajar, Keaktifan Belajar | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 02:13 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 02:13 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3663 |
Actions (login required)
View Item |