HARUN, HADIJA AFRILYA (2024) ANALISIS KEBUTUHAN SISWA DENGAN MODUL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 19 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (158kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (562kB) |
|
Text (Skripsi)
SKRIPSI HADIJA AFRILYA HARUN_1911290081.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Ketersedian model pembelajaran mutlak diperlukan oleh siswa dan guru. Hal tersebut karena dalam model pembelajaran terdapat tujuan pengajaran, tahap-tahap dalam pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan kelas seperti halnya pada mata pelajaran menulis cerpen kelas XI SMP Negeri 19 Bengkulu. Belum adanya model pembelajaran khusus mata pelajaran tersebut melatar belakangi penelitian ini. Masalah pada penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan siswa dan guru terhadap model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) pada keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMP Negeri 19 Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa dan guru terhadap model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) pada keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMP Negeri 19 Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Tehnik ini dipakai guna mengamati keperluan kebutuhan dalam modul pembelajaran Keterampilan Menulis Cerpen di Kelas IX SMP Negeri 19 Bengkulu. Pengkajian ini guna observasi serta membentuk pola materi guna memberi fasilitas belajar cerpen di Kelas IX SMP Negeri 19 Bengkulu. Data pengkajian ini diperoleh melalui tanya jawab pada guru juga pembagian kuisioner pada semua peserta didik Kelas IX SMP Negeri 19 Bengkulu. Melalui perolehan tanya jawab guru melihatkan diperlukanya modul pembelajaran cerpen. Maka selaras pada kuisioner analisa keperluan yang dilaksankaan melihatkan 100% peserta didik butuh modul pembelajaran sebagai pendamping buku bahan ajar. Melalui perolehan kuisioner serta tanya jawab ini memberi fakta jika dibutuhkanya modul pembelajaran keterampilan menulis cerpen di SMP Negeri 19 Kota Bengkulu. Pengkajian ini dapat membantu peserta didik untuk menangani masalah kesulitan terhadap belajar keterampilan menulis cerpen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching And Learning (CTL), Cerpen, SMP NEGERI 19 Bengkulu | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 02:55 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 02:55 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3675 |
Actions (login required)
View Item |