PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII DI SMP PLUS JÂ-ALHAQ KOTA BENGKULU PROVINSI BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Downloads

Downloads per month over past year

ALVIONITA, JESICA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII DI SMP PLUS JÂ-ALHAQ KOTA BENGKULU PROVINSI BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (188kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (280kB)
[img] Text (Skripsi)
JESICA ALVINITA_2011290052.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran wajib dalam kurikulum K13, Pembelajaran adalah segala upaya yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses belajar pada diri peserta didik, dalam proses belajar mengajar tentunya sangat memerlukan model pembelajaran. Pada penelitian ini penulis memfokuskan pada model pembelajaran Problem Solving. Model pembelajaran Problem Solving adalah suatu model atau cara penyajian suatu materi pelajaran dengan cara siswa dihadapkan pada suatu masalah yang harus dipecahkan atau diselesaikan, baik secara individual atau secara kelompok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah penerapan model pembelajaran Problem Solving, dimana penulis menggambarkan situasi dan kondisi proses pembelajaran problem solving di kelas VIII SMP Plus Jâ-alHaq Kota Bengkulu. Terdapat kegiatan yang diilakukan guru yaitu mulai dari persiapan pembelajaran, pengkondisian kelas, kemudian melakukan 3 tahap pembelajaran yaitu tahap awal, tahap inti, pada tahap inti disini guru menerapkan 6 tahapan Problem Solving (1) merumuskan masalah, (2) menganalisis masalah, (3) merumuskan hipotesis, (4) mengumpulkan data, (5) pengujian hipotesis, (6) merumuskan rekomendasi, tahap penutup dan dilanjutkan dengan evaluasi. Teknik pengumpulaan data yang digunakan, observasi, wawancara, dekumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru yang mengajar di kelas VIII SMP Plus Jâ-alHaq Kota Bengkulu sudah menerapkan model pembelajaran Problem Solving dengan baik sesuai dengan tahap-tahap model pembelajaran Problem Solving kemudian hasil menulis teks persuasi siswa sudah lebih baik dari sebelum menggunakan model Problem Solving.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAdisel, Adisel197612292003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorHeriadi, Meddyan198907082019031004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pebelajaran Problem Solving, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Teks Persuasi.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 07 Nov 2024 03:01
Last Modified: 07 Nov 2024 03:01
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3678

Actions (login required)

View Item View Item