Oktasari, Shepia (2024) PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI BULLYING SEBAGAI IMPLEMENTASI DARI SYUABUL IMAN DI SMAN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (384kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (487kB) |
|
Text (Skripsi)
SHEPIA OKTASARI _2011210074.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Guru memegang peranan penting untuk menunjukan maju atau mundurnya dunia pendidikan. Upaya guru adalah usaha yang dilakukan guru sebagai pendidik profesional dalam mendidik, membimbing, mengarahkan, serta mengevaluasi peserta didik dengan mengembangkan segala potensi yang ada pada diri peserta didik, baik dari segi kognitif (kecerdasan), afektif (sikap), dan psikomotorik (keterampilan) mulai pada jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Dalam upaya mencegah tindakan bullying tidaklah mudah untuk dilaksanakan, karena banyak tindakan bullying yang tidak terdeteksi sehingga banyak dampak negatif yang terjadi apabila tidak segera di atasi. Penelitian mode kualitatif dengan pendekatan lapangan (field research )ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.subjek dan informan dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama islam kelas x, guru BK, kepala sekolah, guru sejawat, waka kesiswaan, dan siwa kelas x. teknik keabsahan data triangulasi sumber,teknik,dan waktu, teknik analisi data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian yang ada dapat dianalisis, bahwa dalam mengatasi perilaku Bullying DI SMAN 1 Kota Bengkulu Upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi permasalahan terkait perilaku bullying yaitu dengan menanamkan nilai-nilai keislaman atau akhlak kepada siswa, dengan memberikan edukasi terkait materi-materi adab bergaul yang baik antar sesama teman, selain itu juga program-program keagamaan dalam pembentukan akhlak yang baik seperti membaca Al-Qur‟an di setiap pagi hari. Selanjutnya, upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi bullying yang terjadi yaitu dengan memberikan contoh yang baik kepada siswa (teladan), di mana dalam hal ini guru Pendidikkan Agama Islam tidak hanya memberikan contoh melalui sikap saja namun juga memberikan contoh melalui tindakan seperti halnya untuk berkata sopan dalam berucap dan selalu berperilaku yang baik antar sesama teman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran guru agama islam dalam mengatasi bullying, syuabul iman | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 04:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 04:25 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3704 |
Actions (login required)
View Item |