Tantri, Silvi Yulia (2024) IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER TAHFIDZ DENGAN METODE TABARAK BAGI SISWA KELAS 3 DI MIN 05 BENGKULU TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
COVER.pdf - Submitted Version Download (895kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (247kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (396kB) |
|
Text (Skripsi)
SILVI YULIA TANTRI_2011210071.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Ekstrakurikuler Tahfidz Al- Qur’an merupakan suatu kegiatan menghafal Al-Qur’an dengan mutaqin (hafalan yang kuat) terhadap lafadz-lafadz Al-Qur’an dengan memahami makna surat dalam Al-Qur’an dengan makhorij huruf, tajwid yang baik dan benar dengan menyetorkan hafalan ayat- ayat Al- Qur’an. Adanya kegiatan ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an dengan Metode Tabarak di MIN 05 Bengkulu Tengah tentunya dilaksanakaan berdasarkan adanya dorongan dari lingkungan masyarakat dan orang tua siswa, yang pada akhirnya dibuatlah kegiatan ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an dengan metode tabarak ini yang dimulai pada tahun 2022. Pelaksanaa kegiatan ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an di MIN 05 Bengkulu tengah berjalan dengan baik dan ada peningkatan di tahun ini dengan memakai metode Tabarak ini. Adanya kegiatan ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an di MIN 05 Bengkulu tengah ini memiliki manfaat dan tujuan agar nantinya siswa yang lulus madrasah Ibtidaiyyah Negeri mampu menjadi siswa yang Qur’ani mencintai Al- Qur’an sepenuhnya dan memiliki tanggung jawab besar terhadap Al-Qur’an dan mendapatkan ridha Allah SWT. Kegiatan Tahfidz Al- Qur’an dilaksanakan setiap hari selasa dari pukul 10:00-11:00 minimal setoran 1 surah atau 2 surah dan tanpa ada batas maksimal. Hafalan dilakukan juz 30 terlebih dahulu kemudian di lanjut juz 29 dan seterusnya sebelumnya dilakukan muraja’ah terlebih dahulu. Metode yang digunakan yaitu metode Tabarak, Kegiatan akhir biasanya adalah Ikhtibar atau ujian hafalan serta evaluasi dengan setoran hafalan, muroja’ah, dan tes lisan. Adapun faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an di MIN 05 viii Bengkulu tengah ini meliputi lingkungan yang agamis, minat atau motivasi siswa yang tinggi, dukungan dari wali murid, motivasi guru. Faktor penghambat meliputi, terkadang dikonsentrasi siswa, kecerdasan, kurang percaya diri, lemah hafalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu pendekatan yang menghasilkan data deskriptif berupa kata- kata tertulis atau lisan dari orang- orang yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Ekstrakurikuler Tahfidz dan Metode Tabarak | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 04:30 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 04:30 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3705 |
Actions (login required)
View Item |