ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENGOPTIMALKAN HAFALAN AL-QUR’AN SURAT AD-DUHA SAMPAI AN-NAAS DI TPQ AL-AZZAM DESA PINJU LAYANG KECAMATAN SEMIDANG ALAS KABUPATEN SELUMA

Downloads

Downloads per month over past year

Pratama, Yayan (2024) ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENGOPTIMALKAN HAFALAN AL-QUR’AN SURAT AD-DUHA SAMPAI AN-NAAS DI TPQ AL-AZZAM DESA PINJU LAYANG KECAMATAN SEMIDANG ALAS KABUPATEN SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPAN_YAYAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (433kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (582kB)
[img] Text (Skripsi)
YAYAN PRATAMA_1911210065-dikompresi.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kompetensi profesional guru dalam mengoptimalkan hafalan al-Qur’an surat ad-Duha sampai an-Naas siswa di TPQ Al-Azzam Desa Pinju Layang Kecamatan Semidang Alas Kabupaten Seluma. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan datanya yaitu triangulasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Kompetensi profesional guru dalam mengoptimalkan hafalan al-Qur’an surat ad-Duha sampai an-Naas siswa di TPQ Al-Azzam meliputi: a) Kemampuan guru dalam memahami dan menguasai landasan kependidikan TPQ dinilai sudah baik, namun masih perlu ditingkatkan lagi terutama untuk tujuan pokok pembelajaran; b) Kemampuan guru dalam penguasaan materi ajar dinilai sudah baik karena guru sudah bersyahadah (memiliki ijazah yang lulus tashih), sedangkan penguasaan materi tambahan juga dinilai sudah baik; c) Kemampuan guru dalam menyusun program pengajaran yang diampu secara kreatif dinilai sudah baik; d) Kemampuan guru dalam melaksanakan program pengajaran dinilai sudah baik, karena dalam penggunaan metode, guru menyesuaikan dengan kondisi/suasana kelas dan tingkat kecerdasan anak; e) Kemampuan guru dalam menilai hasil dan proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan dinilai sudah baik; dan 2) Hambatan yang dihadapi guru dalam mengoptimalkan hafalan al-Qur’an surat ad-Duha sampai an�Naas siswa di TPQ Al-Azzam yaitu: a) Masih ada siswa yang belum lancar dalam membaca al-Qur’an sehingga terhambat dalam menghafal ayat; b) Bacaan al-Qur’an siswa yang tidak bagus, baik dari segi makhrojul huruf, kelancaran membaca ataupun tajwidnya sehingga lambat dalam menghafal ayat; c) xiii Siswa yang tidak sabar serta tidak bersungguh-sungguh dalam menghafal al-Qur’an sehingga menimbulkan rasa bosan dan malas dalam menghafal; d) Siswa yang tidak istiqamah/tidak konsisten dalam mengulang hafalan al-Qur’an sehingga mempercepat hilangnya hafalan; e) Siswa yang tidak mengulang hafalan al-Qur’an secara rutin di rumah; f) Siswa yang terlalu berambisi menambah banyak hafalan baru padahal hafalan yang lama belum dhabit dan lancar. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa kompetensi profesional guru dapat mengoptimalkan hafalan al-Qur’an surat ad-Duha sampai an-Naas siswa di TPQ Al-Azzam, maka kompetensi profesional guru perlu ditingkatkan lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhairiah, Khairiah196805151997032004UNSPECIFIED
Thesis advisorDelta, Rossi198107272007102004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Kompetensi Profesional Guru, Hafalan Qur’an Surat ad Duha - an Naas.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 07 Nov 2024 08:26
Last Modified: 07 Nov 2024 08:26
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3724

Actions (login required)

View Item View Item