STRATEGI GURU DALAM PENGENALAN MEMBACA PERMULAAN UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) MUSI INDAH DESA KANDANG KECAMATAN SEBERANG MUSI KABUPATEN KEPAHIANG

Downloads

Downloads per month over past year

Utari, Nora (2024) STRATEGI GURU DALAM PENGENALAN MEMBACA PERMULAAN UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) MUSI INDAH DESA KANDANG KECAMATAN SEBERANG MUSI KABUPATEN KEPAHIANG. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (632kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (709kB)
[img] Text (Skripsi)
NORA UTARI_2011250017.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di dasari oleh perhatian penulis terhadap kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak�Kanak (TK) Musi Indah di mana guru-guru mengajarkan anak membaca dengan cara yang mononton. penelitian ini juga bertujuan untuk 1. Mendeskripsikan strategi guru dalam pengenalan membaca permulaan di Taman Kanak-Kanak (TK) Musi Indah. 2. Mengetahui kendala guru dalam pengenalan membaca permulaan untuk anak di Taman Kanak-kanak (TK) Musi Indah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini di Desa Kandang Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang, dengan subyek penelitian 7 anak dan 2 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi guru dalam pengenalan membaca permulaan untuk anak 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak (TK) Musi Indah Desa Kandang Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang antara lain dengan metode menebalkan huruf, media buku bacaan, dengan permainan huruf dan kata melalui aktifitas bernyanyi, metode tanya jawab. 2. Kendala dalam pengenalan membaca permulaan untuk anak 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak (TK) Musi Indah Desa Kandang Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang antara lain, kesulitan mengenal huruf, anak mudah bosan. Hal ini disebabkan karena dalam kegiatan proses pengenalan membaca permulaan hanya menggunakan metode yang sama media yang digunakan kurang menarik dikarenakan strategi yang digunakan guru terlalu mononton disebabkan kurangnya keterampilan guru atau kreativitas guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang tidak menarik dan tingkat kecerdasan anak berbeda sehingga menyebabkan anak mengalami kendala dalam mengikuti kegiatan mengenal membaca permulaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKarni, Asniti197203122000032003UNSPECIFIED
Thesis advisorUlum, Badaruddin2007058002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Membaca Permulaan, Anak Usia Dini
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 11 Nov 2024 03:28
Last Modified: 11 Nov 2024 03:28
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3782

Actions (login required)

View Item View Item