Daraqthuni, Daraqthuni (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 1 MUKOMUKO PROVINSI BENGKULU. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Tesis)
DARAQTHUNI_2223540035.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Tesis)
Halaman Depan.pdf - Submitted Version Download (781kB) |
|
Text (Tesis)
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text (Tesis)
BAB 2.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran rumpun PAI pada kurikulum merdeka di MAN 1 Mukomuko. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran rumpun PAI pada kurikulum merdeka di MAN 1 Mukomuko. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran rumpun PAI pada kurikulum merdeka di MAN 1 Mukomuko. (4) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di MAN 1 Mukomuko. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan guru. Hasil penelitian (1) Perencanaan pembelajaran rumpun PAI pada kurikulum merdeka di MAN 1 Mukomuko sudah terlaksana dengan baik dapat dilihat dari kelengkapan pemenuhan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka yaitu: a) Membuat capaian pembelajaran b) Membuat alur tujuan pembelajaran c) Membuat modul ajar d) Melakukan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) yaitu 3 Tema kearifan lokal, bhinneka tunggal ika dan bangunlah jiwa dan raga (2) Pelaksanaan pembelajaran rumpun PAI pada kurikulum merdeka di MAN 1 Mukomuko telah berjalan dengan baik seperti melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan a) Kegiatan pendahuluan (b) Kegiatan inti dan c) Kegiatan penutup. (3) Evaluasi pembelajaran rumpun PAI pada kurikulum merdeka di MAN 1 Mukomuko sudah terlaksana dengan baik sesuai penilaian dikurikulum merdeka meliputi : a) Asesmen diagnostik. b) Asesmen formatif. c) Asesmen sumatif. (4) Faktor pendukung dan penghambat adalah : 1) Fasilitas sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai. 2) Materi pembelajaran pendidikan agama Islam lebih mudah dan menarik. 3) Guru yang tersertifikasi. Faktor penghambat adalah : 1) Listrik sering mati 2) Buku pelajaran tertentu kurang lengkap dan 3) Terbatasnya pelatihan dan diklat yang diterima oleh guru.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | M.Pd Sinta Agusmiati | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Nov 2024 08:12 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Nov 2024 08:12 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3786 |
Actions (login required)
View Item |