Fadhila, Sheti (2024) MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI KARAKTER KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI DI RA SERAWAI DESA PASAR SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (541kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (642kB) |
|
Text (Skripsi)
SHETI FADHILA_2011250036.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan sosial emosional merupakan proses dimana anak berlajar beradaptasi untuk memahami situasi dan emosi dalam berinteraksi dengan orang�orang di sekitarnya, mendengarkan, mengamati dan meniru apa yang mereka lihat. Karakter kedisiplinan merupakan suatu perintah, berlajar secara sukarela, latihan untuk mengendalikan diri, perilaku tertib dan patuh terhadap ketentuan dan peraturan yang ada guna untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan secara optimal dan efesien. Tujuan penelitian ini adalah untuk bagaimana perkembangan sosial emosional anak melalui karakter kedisiplinan di RA Serawai Desa Pasar Seluma. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perkembangan sosial emosional anak melalui karakter kedisiplinan di RA Serawai Desa Pasar Seluma kecamatan seluma selatan kabupaten seluma. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B Ra Serawai Desa Pasar Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dimana menggunakan kata-kata yang disusun dalam sebuah teks yang diperluas atau dideskripsikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Temuan penelitian menyimpulkan bahwa yaitu perkembangan sosial emosional melalui karakter kedisiplinan anak di RA Serawai sudah berjalan dengan baik. Kedisiplinan yang di terapkan di RA Serawai adalah 1) kedisiplinan datang tepat waktu, 2) kedisiplinan menyimpan tas dan sepatu ke tempatnya, 3) kedisplinan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, 4) membuang sampah pada tempatnya. Perkembangan sosial emosional anak di ra serawai anak sudah mampu mengontrol emosinya, bersosial dengan teman sebayanya. Namun adapun hambatan yang dijumpai oleh guru dalam menanamkan karakter kedisiplinan anak dan tanggung jawab anak diantaranya kurang selarasnya penerapan kedisiplinan antara guru, kurangnya kerja sama pihak sekolah dengan orang tua sehingga program pembiasaan positif hanya terlaksana di sekolah saja, kematangan usia anak dan kurang konsisten dalam pelaksanaannya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | sosial emosional ,karakter kedisiplinan | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 04:05 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 04:05 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3793 |
Actions (login required)
View Item |