Windhana, Allysyah Putri (2024) METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS IV MIN 4 SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (531kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (611kB) |
|
Text (Skripsi)
Allysyah Putri Windhana_2011240143.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi sedikit peserta didik yang aktif dalam menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh guru, kerja sama antar peserta didik masih kurang, masih cenderung individual, masih banyak peserta didik yang mendapatkan hasil belajar kognitif dibawah KKM yang telah ditentukan sekolah yaitu 70. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei-juni 2024 yang bertempat di MIN 4 Seluma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak di kelas IV MIN 4 Seluma dengan menggunakan metode bercerita dengan media gambar seri lebih baik daripada peningkatan hasil belajar aqidah akhlak di kelas IV MIN 4 Seluma dengan menggunakan metode konvesional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,tes dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa di kelas IV MIN 4 Seluma. Hasil penelitian pengelolaan data di skripsi ini bahwa hasil belajar anak kelas eksperimen kelas IV A dengan menggunakan metode bercerita mengalami peningkatan yang pesat dari jumlah rata-rata 57,6087 kemudian meningkat menjadi 82,3913 dan hasil belajar anak kelas kontrol IV B dengan menggunakan metode bercerita mengalami peningkatan yang pesat dari jumlah skor rata-rata 43,5714 kemudian meningkat menjadi 75,2381. Hal ini dapat dibuktikan xii melalui hasil uji- t yang dilakukan dengan mendapatkan nilai pretest 0,000<0,05 dan nilai postest 0,000<0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak dan kesimpulannya adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan metode bercerita dengan media gambar seri di kelas IV A MIN 4 Seluma.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Bercerita Dengan Media Gambar Seri, Hasil Belajar, Pembelajaran Aqidah Akhlak | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 07:31 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 08:44 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3814 |
Actions (login required)
View Item |