PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIST UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN SELUMA KAB. SELUMA PROVINSI BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Wulandari, Desi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIST UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN SELUMA KAB. SELUMA PROVINSI BENGKULU. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Tesis)
DESI WULANDARI__2223540037.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Tesis)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Tesis)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (733kB)
[img] Text (Tesis)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (692kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian adalah : (1) Untuk keefektifan kevalidan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist. (2) Untuk mengetahui kepraktisan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MAN Seluma Provinsi Bengkulu. (3) Untuk mengetahui keefektifan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MAN Seluma Provinsi Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi dasar,uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan menggunakan regresi linier sederhada dan regresi linier berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian (1) Pengembangan dalam penelitian adalah media pembelajaran interaktif berbasis wordwall pada pembelajaran Al Qur’an Hadist siswa kelas X MAN 1 Seluma. Proses media pembelajaran interaktif berbasis wordwall menggunakan jenis penelitian research and development (R&D) dengan model yang dikembangkan oleh Thiagaranja yakni model 4-D dan dimodifikasi menjadi 3-D yaitu define (pendefinisian), design (perencanaan), dan develop (pengembangan). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi setelah divalidasi oleh 3 validator ahli yaitu ahli media, ahli materi dan guru mata pelajaran dengan hasil "sangat valid" untuk dikembangkan. (2) Kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis wordwall pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist siswa kelas X MAN 1 Seluma dinyatakan sangat praktis oleh siswa di madrasah yang dapat dilihat dari uji respon pesertas didik dengan peroleh rata-rata persentasenya sebesar 85% dan masuk dalam kriteria "sangat praktis". (3) Keefektivan media pembelajaran interaktif berbasis wordwall dinyatakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan minat belajar dan persepsi pengguna media pembelajaran. Bukti hasil belajar dapa dilihat dari hasil pretest sebelum menggunakan media dengan rata-rata 71,85. Hasil posttest setelah menggunakan media mendapatkan 81.88

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSunarto, Andang197611242006041002UNSPECIFIED
Thesis advisorBahri, Husnul196209051990021001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Wordwall, Al-Qur’an Hadits, Hasil Belajar, MAN Seluma Provinsi Bengkulu
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: M.Pd Sinta Agusmiati
Date Deposited: 13 Nov 2024 08:12
Last Modified: 13 Nov 2024 08:12
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3815

Actions (login required)

View Item View Item