EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SDN 50 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Wulandari, Aprialiani (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SDN 50 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (452kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (786kB)
[img] Text (Skripsi)
Aprialiani Wulandari_2011240150.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning berbantuan media pop-up book dalam meningkatkan hasil pembelajaran IPAS siswa kelas IV SDN 50 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan sampel yang digunakan adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 21 peserta didik dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes yang berjumlah 5 soal essay. Data hasil tes di analisis dengan menggunakan rumus uji paired sample t-test dengan bantuan SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan media pop-up book efektif meningkatkan hasil pembelajaran IPAS siswa kelas IV SDN 50 Kota Bengkulu. Hal tersebut terbukti dari variabel X berpengaruh positif dan signifikansi terhadap variabel Y karena nilai thitung > ttabel atau 4,835 > 1,683 dan nilai signifikansi yang dihasilkan 0,000 < 0,05 maka hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Pop-Up Book efektif meningkatkan hasil pembelajaran IPAS siswa kelas IV SDN 50 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorBahri, Husnul196209051990021001UNSPECIFIED
Thesis advisorSaltifa, Poni199107142023212042UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Media Pop-Up Book, Hasil Belajar, IPAS.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:44
Last Modified: 11 Nov 2024 08:43
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3819

Actions (login required)

View Item View Item