Wulandari, Aprialiani (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SDN 50 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (452kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (786kB) |
|
Text (Skripsi)
Aprialiani Wulandari_2011240150.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning berbantuan media pop-up book dalam meningkatkan hasil pembelajaran IPAS siswa kelas IV SDN 50 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan sampel yang digunakan adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 21 peserta didik dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes yang berjumlah 5 soal essay. Data hasil tes di analisis dengan menggunakan rumus uji paired sample t-test dengan bantuan SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan media pop-up book efektif meningkatkan hasil pembelajaran IPAS siswa kelas IV SDN 50 Kota Bengkulu. Hal tersebut terbukti dari variabel X berpengaruh positif dan signifikansi terhadap variabel Y karena nilai thitung > ttabel atau 4,835 > 1,683 dan nilai signifikansi yang dihasilkan 0,000 < 0,05 maka hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Pop-Up Book efektif meningkatkan hasil pembelajaran IPAS siswa kelas IV SDN 50 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Media Pop-Up Book, Hasil Belajar, IPAS. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 07:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 08:43 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3819 |
Actions (login required)
View Item |