PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN CARD SHORT DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN KELAS III SDN 75 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Rahayu, Apriana Eka (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN CARD SHORT DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN KELAS III SDN 75 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (827kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (127kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (228kB)
[img] Text (Skripsi)
APRIANA EKA RAHAYU_2011240011.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Hasil Rasa percaya diri pada pembelajaran PKN di SDN 75 Kota Bengkulu terlihat rendah karena guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga membuat peserta didik kurang aktif yang mengakibatkan rasa percaya diri siswa kurang. Salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri yakni dengan menerapkan metode pembelajaran card short. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh penggunakan metode pembelajaran card short terhadap rasa percaya diri siswa, dan penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan quasi eksperimen sedangkan populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 75 Kota Bengkulu, sampel diambil dengan teknik random sampling, sehingga terpilih kelas III B sebagai kelas eksperimen dan kelas III C sebagai kelas kontrol. analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh Uji T-test hasil angket diketahui bahwa pada kelas eksperimen dengan jumlah responden 23 siswa memiliki rata-rata card short 53,39 dan rasa percaya diri 85,65, sedangkan pada kelas kontrol dengan jumlah responden 23 siswa memiliki rata-rata rasa percaya diri 63,48. Dari hasil uji t-test menggunakan independent sample test untuk card short diperoleh thitung = 5.303 dan ttabel = 1.721. sedangkan rasa percaya diri diperoleh thitung = 11.799 dan ttabel = 1.721. semua nilai signifikansi pada tabel menunjukkan 0,001 < 0,005 maka Ha diterima dan Ho ditolak, Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode pembelajaran card short dalam meningkatan rasa percaya diri siswa di kelas III SDN 75 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKasmantoni, Kasmantoni197510022003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorKhosi'in, Khosi'in198807102019031004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran card short, Rasa percaya diri
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 11 Nov 2024 08:00
Last Modified: 11 Nov 2024 08:44
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3820

Actions (login required)

View Item View Item