PENGARUH STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MIN 01 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Dea Fadilla, Chairunisa (2024) PENGARUH STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MIN 01 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
COVER.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (182kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (222kB)
[img] Text (Skripsi)
DEA FADILLA CHAIRUNISA_2011240075.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Strategi Active Knowledge Sharing adalah salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan sebagai salah satu cara untuk menarik perhatian dan fokus siswa agar suasana belajar menjadi bersemangat dan membuat siswa paham akan materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil observasi di kelas V MIN 01 Kota Bengkulu, peneliti menemukan adanya permasalahan mengenai rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) apakah ada pengaruh strategi Active Knowledge Sharing untuk meningkatkan hasil belajar siswapada mata pelajaran matematika kelas V di MIN 01 Kota Bengkulu. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan desain penelitian Nonquivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, tes soal dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homegenitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi Active Knowledge Sharing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di MIN 01 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil perhitungan yang diperoleh dari hasil uji t menggunakan uji paired sampel t-test yang menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis (Ho) ditolak. Artinya nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika pada kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika pada kelas kontrol. Dalam hal ini juga dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dengan strategi Active Knowledge Sharing lebih besar dengan nilai 83,6dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol dengan nilai sebesar 70,10.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhermarinah, Khermarinah196312231993032002UNSPECIFIED
Thesis advisorLukman, Lukman197005252000031003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Active Knowledge Sharing, Hasil Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 13 Nov 2024 02:22
Last Modified: 13 Nov 2024 02:22
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3833

Actions (login required)

View Item View Item