Abimayu, Dimas (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ( CIRC ) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI BERITA PADA SISWA KELAS V SDN 81 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
COVER.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (588kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB III.pdf - Submitted Version Download (650kB) |
|
Text (Skripsi)
SKRIPSI FUL DIMAS ABIMAYU NIM 2011240097.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan masih kurangnya keterampilan eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini karena dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia masih pasif, guru belum menggunakan model dan metode yang bervariasi dan pembelajaran masih cenderung pada metode ceramah dan media yang digunakan hanya buku cetak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) dalam dalam menulis eksposisi berita pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 81 Kota Bengkulu. Metode menggunakan kuantitatif dengan pendekatan eksprimen serta desain quasi eksprimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V SDN 81 Kota Bengkulu sebanyak 269 siswa. Peneliti mengambil 2 kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas V A berjumlah 25 orang sebagi kelas eksprimen dan kelas V B berjumlah 22 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel memakai sampling purposive. Teknik pengumpulan data menngunakan observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji “t”. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : hasil pengujian uji “t” terhadap posttest kedua kelompok diperoleh t hitung = 2,1403 sedangkan t tabel dengan df 68 (70-2) pada taraf signifikan 5% yaitu 1,995. Dengan demikian t hitung ˃ t tabel (2,1403 ˃ 1,995) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam ini penelitian diterima, yaitu terdapat pengaruh model cooperative learning tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) dalam menulis eksposisi berita pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 81 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Cooperative Learning, Cooperative Integrated Reading And Composition, dan Menulis Eksposisi Berita | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Nov 2024 02:43 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Nov 2024 02:43 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3835 |
Actions (login required)
View Item |